Mohon tunggu...
Alya Farah
Alya Farah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Saya Alya Farah Fadhilah mahasiswa Universitas Diponegoro jurusan S1 Administrasi Publik FISIP.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Melakukan Edukasi serta Pelatihan Penggunaan Aplikasi PORJO (Pengaduan Online Rakyat Purworejo)

16 Agustus 2022   08:43 Diperbarui: 16 Agustus 2022   08:47 116 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Poster Tata Cara Penggunaan Aplikasi PORJO (Dokpri)

Somorejo, Purworejo (22/07/2022). Pada minggu ke dua kegiatan TIM II KKN UNDIP diisi dengan pelaksanaan kegiatan program monodisiplin oleh Alya Farah Fadhilah (21) pada hari Senin tanggal 22 Juli 2022 yang bertema "Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi PORJO". 

Program tersebut bertujuan untuk mengajak berdiskusi dan sharing mengenai pemanfaatan teknologi yang saat ini berkembang pesat serta aplikasi aduan online yang ada di Kabupaten Purworejo. 

Di masa sekarang ini peranan IT semakin penting karena dengan seiring perkembangan IT, banyak manusia melakukan pekerjaan dengan menggunakan komputer maupun menggunakan handphone untuk berkomunikasi.

Pelaksanaan edukasi Aplikasi PORJO (Dokpri)
Pelaksanaan edukasi Aplikasi PORJO (Dokpri)

Aplikasi PORJO (Pengaduan Online Rakyat Purworejo) merupakan aplikasi sebagai sarana bagi masyarakat Purworejo untuk menyampaikan saran, aspirasi, dan aduan yang ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Purworejo. 

Dikembangkannya PORJO dilandaskan sebagai inovasi pelayanan masyarakat Kabupaten Purworejo agar dalam menyampaikan aduan dan aspirasinya dapat lebih mudah melalui aplikasi dimana kemajuan teknologi yang semakin berkembang, dapat diakses di mana dan kapan saja serta memiliki alur yang mudah dipahami. 

Masih banyak masyarakat Purworejo khususnya masyarakat Desa Somorejo, Kecamatan Bagelen yang masih belum mengetahui adanya aplikasi pengaduan PORJO ini. 

Sehingga program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Somorejo jika ingin mengirimkan suatu aspirasi, saran serta aduan tidak perlu datang langsung ke tempat/lokasi yang ingin diadukan. Bapak/Ibu dapat dengan mudah mengadukan hanya dengan menggunakan sebuah ponsel kemudian mengunduh aplikasi PORJO melalui Playstore.

(Dokpri)
(Dokpri)

Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan penyampaian materi secara lisan disertai dengan pemutaran video terkait pengenalan aplikasi Porjo setelah itu mempraktekkan penggunaan aplikasi PORJO lewat ponsel. 

Pembagian output materi berupa Poster serta stiker kepada anggota karang taruna serta Bapak/Ibu pada saat perkumpulan Karang Taruna dari RT 01- RT 06. Poster tersebut nantinya akan dibagikan ke tiap-tiap RT dan balai desa. Selain itu juga, video tutorial penggunaan aplikasi PORJO juga akan di upload di youtube KKN TIM II UNDIP Desa Somorejo. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan