Mohon tunggu...
Alya Salsabila
Alya Salsabila Mohon Tunggu... Lainnya - --

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kreatifitas Tanpa Batas bagi Para Pengusaha Ayam Potong

13 Juli 2021   00:06 Diperbarui: 13 Juli 2021   00:06 266 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kreatifitas Tanpa Batas bagi Para Pengusaha Ayam Potong
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan 

Kreativitas selalu dikaitkan dengan mengeluarkan ide-ide baru dan inovasi yaitu menerapkan ide-ide tersebut dalam produk yang dihasilkan maupun cara kerja yang lebih efisien. Kreatif merupakan sifat yang dimiliki oleh manusia. Ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa seseorang itu kreatif, yaitu Suka Berimajinasi, Menyukai Tantangan, Mudah Untuk Beradaptasi, dan Sering Merasa Bosan. Seorang wirausaha dituntut untuk kreatif dan inovatif, sehingga apa yang dihasilkan akan diterima oleh masyarakat luas. Hal ini akan dapat meningkatkan profit bagi pengusaha yang bersangkutan. Tujuan Wirausaha agar dapat mengembangkan dan menumbuhkan kesadaran wirausaha yang nantinya akan menjadi pondasi yang kuat bagi ekonomi di persaingan pasar global dan menjadi entrepeneur sukses. Banyak sekali gencar ajakan untuk melakukan wirausaha, salah satu pemicunya adalah mulai tingginya tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan. Pengertian atau definisi wirausahawan adalah pelaku yang menjalankan kegiatan wirausaha atau bisnis secara mandiri. Para pelaku wirausaha adalah disebut dengan wirausahawan. Setiap jenis usaha baik itu UKM (Usaha Kecil dan Menengah), UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), maupun korporasi memiliki wirausahawan dibaliknya. Untuk membangun usaha tersebut tentunya sikap dan perilaku wirausaha disesuaikan dan harus bekerja keras agar dapat membuat bisnis yang lancar serta mampu membuat produk yang bisa diterima oleh target pasar. Pemerintah juga mulai membuka jalan untuk memulai wirausaha dengan mudah. Bisa dibilang wirausaha adalah salah satu pendorong perekonomian negara. Bisa mengembangkan macam-macam kreasi dan inovasi agar terciptanya wirausaha yang bisa berdampak bagi kesejahteraan pribadi dan masyarakat di sekitar kita. Berperan mewujudkan dalam kewirausahan dan bisa meningkatkan kesejahteraan dalam hidup.

Ada dua aspek penting pada kreatifitas yaitu proses dan manusia. Proses yang berorentasi tujuan, yang di desain untuk mencapai solusi suatu permasalahan. Sedangkan manusia merupakan sumber daya yang menentukan solusi. Proses tetap sama, namun pendekatan yang digunakan dapat bervariasi. Antara wirausahawan yang satu dan yang lainnya pastilah melakukan cara atau strategi yang berbeda-beda dalam membangun bisnisnya. Cara atau strategi inilah yang menentukan hasil akhir yang dihasilkan. Semakin kreatif orang tersebut menggunakan peluang yang ada, maka semakin baik pula hasil dari bisnis yang mereka jalankan. Namun memang dalam berpikir kreatif tidaklah semudah yang dibayangkan. Bagi anak-anak mungkin kreatifitas masih sangat luas karena pemikiran mereka masih dibebaskan. Tetapi semakin bertambah dewasanya seseorang, kreatifitas seakan-akan telah terbagi dengan pemikiran lain dan hal ini menjadi hambatan untuk seseorang berpikir kreatif.

Isi

Banyak penemuan dan inovasi lahir sebagai cara pandang terhadap suatu hubungan baru dan berbeda antara objek, proses, bahan, teknologi dan orang. Untuk membantu kreatifitas, kita dapat melakukan cara pandang kita terhadap hubungan kita dengan lingkungan alam sekitar. Orang yang kreatif akan memiliki hubungan intuisi tertentu untuk dapat mengembangkan dan mengenali hubungan yang baru. Mendapatkan ide kreatif dalam penjualan merupakan salah satu solusi jitu untuk menaikkan omset penjualan. Apalagi dengan makin ketatnya persaingan yang ada, tak jarang ide kreatif menjadi kunci sukses bisnis. Setiap pelaku bisnis harus berpikir di luar kebiasaan. Ide-ide yang tak biasa atau bahkan sedikit gila terpaksa harus muncul saat penjualan terasa mendatar atau bahkan menurun grafiknya. Tak sedikit para pengusaha sukses yang harus bergelut dengan ide-ide dan pemikiran yang tidak biasa dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Dengan strategi yang demikianlah mereka bisa meraih sukses. Selain itu untuk dapat melakukan kreativitas agar dapat berimajinasi  yang inovatif gunakanlah otak bagian kanan, sedangkan otak bagian kiri digunakan untuk bekerja. Karena itu kita harus bisa menyeimbangkan kerja kedua otak kita. Larisnya produk merupakan harapan seluruh penjual melalui rintangan dan tantangan banyak cara yang dilakukan pedagang agar dagangan mereka senatiasa laris manis. Ada yang membuat spanduk ataupun baliho dengan gambar meme kocak, ada juga yang membuatpembeli penasaran karena dipromosikan oleh artis ternama, dan banyak cara lainnya yang menarik minat pembeli.

Salah satunya pedagang ayam potong yang sering kita temui di pasar-pasar tradisional, mereka yang berjualan dipasar tradisional tidak mungkin hanya ada satu pedagang saja. Banyak pedagang ayam potong yang juga menjual dagangan yang sama, karena itu sangat dibutuhkan skil berjualan agar mendapat banyak pelanggan. Meskipun promosi pemasaran sangat strategis secara terus menerus, namun jika tak berbarengan dengan ide kreatif dalam penjualan hasilnya tak akan memuaskan. Yang ada malah lebih banyak dana pemasaran yang terbuang percuma. Ada ide kreatif dalam penjualan ayam potong, yaitu Penjualan Secara Paket. Menjual produk secara paket juga merupakan ide kreatif dalam penjualan yang efektif. Langkah ini utamanya untuk mendongkrak penjualan produk yang sepi pembeli atau rendah penjualannya. Maksudnya disini adalah menjual ayam utuh seluruhnya, karena biasanya pedagang ayam potong menjual bgian-bagian ayam secara terpisah dengan harga berbeda. Sama seperti penjualan dalam jumlah besar, harga jual dalam paket ini tentunya juga harus lebih murah jika dengan membeli eceran. Apalagi konsumen umumnya akan selalu mencari barang yang lebih murah. Dan Promosi dengan Target Tertentu. Pembeli pasti menyukai hal-hal yang berbau diskon, obral dan promo. Kamu bisa meningkatkan sales dengan menarget kalangan tertentu. Misalnya promosi berdasarkan history pembelian mereka. Bukan bermaksud diskriminatif, ide promo kreatif ini bisa kamu gunakan ketika kamu sudah memiliki dan menganalisis data para pelanggan sebelumnya, jadi kamu bisa menargetkan jenis promosi yang akan kamu jalankan.

Walaupun pada kehidupan rumah tangga saja misalnya, ada banyak masyarakat yang setiap harinya memasak menu keluarga dari ayam potong. Kemudian banyak kantor, perusahaan, caf, restoran, penyedia catering yang juga menggunakan ayam potong sebagai menu sajiannya. Hal inilah yang kemudian menjadikan ayam potong sudah memiliki target pasar yang potensial sehingga memudahkan pemasaran dan pengembangan bisnis. Dari pasar tradisional didaerah Pulogadung, Jakarta Timur ada lapak ayam potong dengan spanduk nama "Ayam  ASUH" yang berarti Ayam Potong Asli, Utuh, Sehat dan Halal. Itu termasuk dalam membangun kreatifitas baru yang sangat inovatif dan menarik minat pelanggan. Penjualan daging ayam lebih besar dibandingkan dengan daging yang lain karena harganya yang cukup terjangkau bagi masyarakat dan penggunaannya yang cenderung lebih fleksibel. Pedagang harus memberikan pelayanan yang baik agar konsumen puas dan ingin terus berbelanja.

Selain itu, pedagang yang baru memulai usaha ayam potong mesti memikili tips dan trik berjualan, antara lain :

Hitung persiapan yang dibutuhkan sebelum memulai usaha ayam potong. Modal utama dalam menjalankan bisnis ayam potong meliputi modal pendanaan persiapan tempat, bibit ayam, dan makanannya. Pastikan Anda menghitung dengan baik dan benar berapa besar modal yang dikeluarkan, sehingga Anda dapat menentukan harga jual dan memperkirakan berapa jumlah ayam yang sanggup Anda pelihara sampai siap jual.

Persiapkan tempat untuk bisnis ayam potong. Kalau Anda hanya memulai usaha ayam potong saja dan mengambil ayam dari kandang lain atau bekerjasama  dengan peternak ayam Anda bisa mencari sumber peternakan terbaik yang biasanya ada di daerah perkampungan. Namun, jika Anda menjual ayam potong dari awal pembibitan ayam maka, Tempat yang digunakan untuk kandang ayam tidak boleh sembarangan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, sebelum Anda mencari bibit ayam, persiapkan terlebih dahulu tempatnya. Kandang yang akan digunakan haruslah ideal dan sesuai dengan jumlah ayam yang akan Anda pelihara. Pastikan nantinya ayam akan mendapatkan cahaya yang cukup, sirkulasi udara yang bagus dan suhu yang stabil. Ada banyak teknik atau cara untuk menjual ayam hasil ternakan. Anda bisa memilih beberapa teknik penjualan ayam atau hanya satu teknik saja. Intinya adalah bila penjualan bisa maksimal hanya menggunakan satu teknik saja, tentu tidak membutuhkan teknik yang lain lagi. Namun bila masih kurang, ayam selalu melewati batas busuk, anda harus menambah teknik penjualannya. Dan juga paling penting tempat berjualan atau lapak dagang di pasar sudah anda persiapkan dengan benar, pastikan minim saingan dagang dan memiliki jumlah pembeli yang stabil.

Memilih jenis ayam yang paling banyak dikonsumsi. Agar bisnis ayam potong yang dilakoni bisa semakin berkembang maka tentu saja hal yang harus diperhatikan adalah memberikan sesuai kebutuhan konsumen. Pastikan untuk mengembangkan jenis ayam yang paling banyak dikonsumsi dan dibutuhkan oleh masyarakat. Bagaimanapun pengembangan dan budidaya ayam ini kan nantinya akan dipasarkan kembali, jika tidak sesuai kebutuhan publik maka penjualannya bisa rendah. Oleh sebab itu pilihlah pengembangan jenis ayam yang paling dibutuhkan biasanya seperti ayam broiler. Dibandingkan dengan ayam kampung jenis ayam broiler sendiri paling banyak peminatnya karena masa pengembangannya yang relatif sebentar. Atau bisa juga memilih jenis ayam lainnya yang kiranya paling banyak dibutuhkan oleh lingkungan pengembangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN