Mohon tunggu...
Muhammad AlwiZahidan
Muhammad AlwiZahidan Mohon Tunggu... Mahasiswa UNS 2017

Masih Bertahap

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Persiapan Kebutuhan Pangan Mandiri Selama Pandemi Covid-19

16 Juli 2020   20:49 Diperbarui: 16 Juli 2020   20:43 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Persiapan Kebutuhan Pangan Mandiri Selama Pandemi Covid-19
Dokumen Pribadi

Dalam situasi pandemi Covid-19, banyak kalangan ikut membantu pencegahan penyebaran Covid-19 maupun membantu dalam sektor perekonomian, kesehatan, pangan, pengetahuan dan lain-lain. Baik menjadi relawan yang tergabung dalam instansi maupun mandiri dikalangan masyarakat. 

Muhammad Alwi Zahidan (22), merupakan salah satu mahasiswa Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, yang ikut dalam kegiatan KKN UNS Era Covid-19 yang berlokasi di lingkungan RT 01 RW 09 Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. 

Kegiatan tersebut telah berlangsung dari 15 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020. Tujuan diadakannya KKN UNS Era Covid-19 ini yaitu untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan diambil tema kegiatan ketahanan pangan. Tujuan kegiatan pada tema ketahanan pangan yaitu membantu masyarakat dalam ketersediaan kebutuhan pangan serta ikut membantu dalam menjaga kestabilan ekonomi masyarakat. 

Program kerja yang dilakukan yaitu melakukan budidaya mandiri dimana dapat dilakukan dalam skala rumahan dan dapat memenuhi kebutuhan rumahan. Budidaya ikan nila serta tanaman kangkung, bawang merah, bawang putih dan cabai dipilih dalam kegiatan ini.

Budidaya ikan nila dilakukan untuk memenuhi kebutuhan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sedangkan budidaya ‘tanaman dapur’ seperti cabai, kangkung, bawang merah dan bawang putih juga dilakukan. 

Tanaman-tanaman ini dipilih karena beberapa berpotensi mengalami pelonjakan harga sedangkan kebutuhan meningkat. Kemudian pada penghujung kegiatan ini dilakukan pembagian secara simbolis tanaman kangkung hasil budidaya kepada masyarakat sekitar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x