Mohon tunggu...
ALWI DWI MUKTI WIBOWO
ALWI DWI MUKTI WIBOWO Mohon Tunggu... Perencanan Wilayah Kota - Universitas Jember

Berisi tentang artikel opini

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pentingkah Obligasi dalam Membantu Infrastruktur?

30 Mei 2019   10:53 Diperbarui: 30 Mei 2019   11:05 0 0 0 Mohon Tunggu...

Akhir akhir ini pembangunan infrstruktur di Indonesia mulai gencar gencarnya dilaksanakan. Pembangunan infrastruktur dinilai dapat mebangun dan mendongkrak kegiatan perekonomian suatu daerah, dengan munculnya infrstruktur baru diharapkan juga dapat memajukan suatu daerah tersebut. 

Dalam kenyataannya membangun suatu infrastruktur bukanlah hal yang mudah, perlu dibutuhkan dana yang besar serta sistem yang baik dalam operasionalnya. 

Untuk anggaran pembangunan infrstruktur berasal dari tiga sumber, yaitu APBN, BUMN dan bisa juga dari pihak swasta. Tapi dalam faktanya ketiga sumber anggaran tersebut masih belum bisa membantu lebih dalam proses pembangunan infrastruktur. 

Anggaran infrastruktur yang besar membuat pemerintah harus bisa memutar otak dan mencari alternatif pembiayaan untuk pembangunan infratruktur. Dalam pencarian sumber pembiayaan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat saja, melainkan Pemerintah Daerah juga membantunya.

Salah satu sumber pembiayaan yang dirasa cocok untuk menjadi sumber pembiayaan alternatif adalah Obligasi daerah. Mungkin dari kita semua masih banyak yang belum tahu mengenai Obligasi daerah. 

Obligasi daerah adalah suatu pinjaman yang dipublikasikan dan ditawarkan melalui pasar modal berupa surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah daerah. Obligasi daerah dinilai sangat cocok untuk membantu proses pendanaan pembangunan infrastruktur.

Obligasi daerah memiliki banyak keunggulan karena dapat menyediakan dana yang relatif cukup besar dari pada sumber pinjaman lainnya, selain itu obligasi daerah memiliki resiko yang kecil terhadap perubahan kurs dan kebijakan pemerintah yang sangat rendah. 

Lalu seberapa pentingkah obligasi untuk pembangunan infrastruktur ? Apa dengan mengeluarkan obligasi pembangunan akan beres ? Obligasi dirasa sangat penting dalam membantu pendanaan pembangunan infrastruktur, memang tidak semua daerah dapat menerbitkan obligasi daerah,hal ini karena penerbitan obligasi daerah tidak mudah dan membutuhkan waktu tertentu untuk sampai ke pasar modal. 

Tapi dengan obligasi daerah pembangunan dapat terlaksana dengan baik tanpa mengandalkan APBD serta PAD yang ada.

Banyak daerah yang belum bisa menerbitkan obligasi daerah karena tidak semudah yang kita bayangkan. Prosedur penerbitan Obligasi daerah harus melewati beberapa proses agar dapat disetujui, terdapat lima langkah agar dapat menerbitkan obligasi daerah (Kemenkeu, Direktorat jendral perimbangan keuangan). 

Persyaratan penerbitan obligasi daerah harus mengikuti ketentuan serta peraturan dari Perundangundangan pasar modal dan harus memenuhi ketentuan  nilai bersih obligasi daerah yang mendapatkan persetujuan Pemerintah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x