Mohon tunggu...
Atanasius Alvyn Herikusuma
Atanasius Alvyn Herikusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - 180906740

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenali Perkembangan hingga Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia

20 September 2021   11:37 Diperbarui: 20 September 2021   11:49 63 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenali Perkembangan hingga Perbedaan Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia
source : smsvaranasi.com

Perkembangan teknologi yang pesat di era digital mendorong kegiatan jurnalisme menjadi lebih efektif dan efisien. Teknologi membawa perubahan pada dunia jurnalisme mulai dari media cetak hingga media online.

Apa itu jurnalisme?

Sebelum membahas mengenai jurnalisme online dengan jurnalisme multimedia, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan jurnalisme. 

Jurnalisme sendiri menurut Nurudin (2009:9) adalah suatu kegiatan yang berkaitan erat dengan pengolahan dan pencarian informasi yang kemudian akan dibagikan dan disebarkan kepada publik/khalayak. 

Jurnalisme merupakan sebuah profesi bagi seseorang yang bekerja pada bidang media khususnya media massa. 

Selain itu juga Jurnalisme dapat dipahami sebagai catatan harian atau catatan yang meliputi kejadian tertentu karena berasal dari kata journal.  

Jurnalisme tidak hanya menulis semata, namun juga meliput hal-hal yang riil dan fakta yang ada serta kegiatan dalam mencari bertanya mengenai berbagai hal yang terjadi (Luwi, 2011 :17).

Jika dilihat dari bentuk hingga pengelolaannya, jurnalisme terbagi menjadi tiga, yaitu jurnalisme media cetak, jurnalisme media elektronik auditif dan jurnalisme media audiovisual. 

Jurnalis media cetak mencakup jurnalistik surat kabar, tabloid hingga majalah. Jurnalisme media elektronik auditif mencakup radio siaran. Jurnalisme media audiovisual mencakup siaran televisi dan media online (internet). (Sumadiria, 2008:4) 

Jurnalisme Online

Pemahaman mengenai jurnalisme online memiliki berbagai istilah yang digunakan, seperti jurnalistik, online, internet hingga web.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan