Mohon tunggu...
Atanasius Alvyn Herikusuma
Atanasius Alvyn Herikusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - 180906740

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Memahami Pentingnya Media Baru (New Media) di Era Digital

13 September 2021   09:12 Diperbarui: 13 September 2021   09:17 263 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : techncrypt.com

Perkembangan teknologi dan komunikasi terutama di era digital seperti saat ini menjadi salah satu pendorong dalam kemajuan media baru (new media) yang cukup pesat.

Di era digital, berbagai kegiatan dan aktifitas manusia dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi dan komunikasi sehingga dapat saling terkoneksi satu sama lain.

Kehadiran internet menjadi suatu permulaan dalam perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat dan maju.

Dampak yang diberikan oleh kehadiran internet di kehidupan manusia memunculkan istilah baru, yaitu media baru (new media). 

Menurut Mulyana (2008:70), media baru (new media) dapat dipahami dengan melihat kata asalnya, yaitu kata "new" dari bahasa inggirs yang berarti baru dan "media" yang berarti saluran atau alat yang menjadi penghubung antara sumber dengan penerima dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan.

Melalui hal tersebut, maka media baru (new media) dapat dipahami sebagai suatu media yang terbentuk dari gabungan antara media digital dengan media konvensional. 

Internet Sebagai New Media 

Menurut Situmorang (2012), internet menjadi new media yang paling sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan internet memiliki jumpah pengguna terbanyak yang mencakup seluruh dunia dan kehadiran nternet yang memilliki berbagai macam aplikasi yang mendukung seseorang untuk dapat berkegiatan melalui internet.

Internet bisa dikatakan menyediakan berbagai fitur yang lengkap, dengan adanya jejaring sosial seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp dan sebagainya yang menjadikan internet sebagai new media yang memberikan berbagai dampak bagi kehidupan manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan