Mohon tunggu...
Alviyatun
Alviyatun Mohon Tunggu... ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Puisi adalah tempat saya mencurahkan isi hati saat melihat suatu hal yang menggelitik pikiran ataupun saat mengalami kegalauan dan kebahagiaan hati. Dengan membuat sebuah karya dalam bentuk tertulis berharap bisa menginspirasi dan menebar manfaat ke semua orang.

Blog : https://alviyatunyudi.blogspot.com/ Pesan : Proses belajar berjalan sepanjang hayat, proses sabar dan ikhlas menerima dan menjalani segala ketentuan Allah dengan ikkhtiyar yang optimal

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Puding Agar Kertas-Jelly, Menu Pelengkap Buka Puasa

29 April 2021   22:22 Diperbarui: 29 April 2021   22:41 250 15 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Puding Agar Kertas-Jelly, Menu Pelengkap Buka Puasa
Foto : Dokumen Pribadi (desain Canva)

Assalammu'alaikum...

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh kaum muslim di mana pun berada. Siang yang amat terik, tak pelak lagi membuat tubuh semakin gerah. 

Dalam suasana Ramadhan dimana umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa tentu sedikit menguras energi, meski tak melakukan gerakan yang menguras tenaga.

Terik matahari telah menguapkan seluruh air yang ada di muka bumi, termasuk cairan dalam tubuh kita. Kondisi ini biasanya menggoda insan-insan yang sedang shaum, sehingga membayangkan minuman atau makanan yang menyegarkan. Eits...ingat ya lagi puasa...

Tetapi tenang, untuk berbuka pasti istri atau ibu atau kita sendiri di rumah bisa menyiapkan menu yang ekstra segar untuk mengganti cairan tubuh yang sebagian hilang. Saya punya menu yang semoga pada suka...cukup mudah kok...

PUDING AGAR KERTAS -JELLY

Bahan:

  • 1 lembar agar kertas ( ini saya mendapat kiriman oleh-oleh dari saudara di Sukabumi. Kalau di Bantul saya belum pernah nemu)
  • 1 bungkus agar Jelly tanpa warna
  • 5 gelas santan encer
  • 2 gelas air
  • 6 sendok makan gula pasir (atau sesuai selera) ada yang suka manis banget ada yang nggak. Kalo saya termasuk yang manisnya sedang saja.
  • Pewarna makanan sesuai selera. Karena di rumah tadi adanya warna ungu dan orange, saya campurkan saja masing-masing setengah sendok makan. Hasilnya jadi coklat kekuningan

Cara membuat:

  • Siapkan 2 gelas air untuk merendam agar kertas. Rendam selama 2-3 menit saja.
  • Panaskan 5 gelas santan encer dan ditambahkan gula pasir 6 sendok makan atau sesuai selera. Keluarkan agar kertas dari perendaman dan masukkan ke dalam santan.  
  • Tambahkan 1 bungkus agar Jelly tanpa warna dan aduk sampai rata
  • Tambahkan pewarna makanan sesuai kesukaan. Saya memakai paduan warna ungu dan orange, sesuai yang tersedia di rumah.
  • Masak campuran agar di atas api sedang, sampai mendidih sambil terus di aduk, agar tidak meluap. Dalam waktu sebentar agar kertas akan larut.
  • Setelah mendidih, api dimatikan.
  • Larutan Agar kertas Jelly siap dituang ke dalam cetakan.
  • Supaya lebih cepat membeku bisa dimasukkan ke dalam kulkas.
  • Puding Agar Kertas Jelly siap melengkapi menu berbuka anda.

Foto : Tampilan agar kertas dari Sukabumi (dok.Pribadi)
Foto : Tampilan agar kertas dari Sukabumi (dok.Pribadi)
Agar kertas ini merupakan olahan dari rumput laut jenis Grasilaria sp. Berat masing-masing lembar agar-agar kertas adalah 10 gram (seperti catatan saudari Asmahani Maghfiroh di Kompasiana dengan judul "Pengolahan Rumput Laut Menjadi Agar-Agar" yang ditulis pada tanggal 11 Oktober 2010 dan diperbaharui pada tanggal 26 Juni 2015).

Agar yang berbahan baku rumput laut ini kaya akan serat, sehingga sangat baik bagi pencernaan. Apalagi di bulan puasa tentu akan sangat membantu proses metabolisme makanan.

Terimakasih sudah menyimak, semoga manfaat.

Wassalammu'alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.

Selamat mencoba, semoga sukses.

Bantul, 29 April 2021

Salam,

Alviyatun

VIDEO PILIHAN