Mohon tunggu...
Alviyatun
Alviyatun Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medik) di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Blog : https://alviyatunyudi.blogspot.com/ Pesan : Proses belajar berjalan sepanjang hayat, proses sabar dan ikhlas menerima dan menjalani segala ketentuan Allah dengan ikkhtiyar yang optimal

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama FEATURED

Rahasia Sehat dan Bugar di Usia Senja

8 Januari 2021   09:30 Diperbarui: 29 Mei 2022   06:39 1135 41 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi lansia tetap sehat dan bugar (Sumber: www.istockphoto.com)


Gambaran Kegiatan Lansia
Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional diperingati setiap tanggal 29 Mei, sebagai bentuk kepedulian dan penghargaan terhadap ayah bunda lanjut usia di Indonesia. 

Ngomongin lansia, sebenarnya siapa sih yang disebut sebagai lansia? Sebelum lansia tentunya diawali dengan pra lansia yaitu seseorang yang telah memasuki usia 45-59 tahun. Sedangkan penyebutan lansia ditujukan kepada seseorang yang sudah memasuki usia 60 tahun atau lebih (Depkes RI (2013) klasifikasi lansia).

Di Indonesia angka harapan hidup tertinggi pada tahun 2018 diduduki oleh provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan 74,84 tahun (73,03 tahun bagi pria dan 76,65 bagi wanita).  

Seperti dilansir dari SehatQ.com Yogyakarta memang istimewa, meningkatnya usia harapan hidup ini menandakan bahwa status kesehatan pada kelompok usia lansia juga meningkat. 

Lansia berolahraga (Dokumentasi pribadi)
Lansia berolahraga (Dokumentasi pribadi)
Oleh karena itu, guna mendukung hidup sehat dan bugar di usia senja, beberapa program kesehatan pun diterapkan untuk menjaga kesehatan kelompok usia lansia di fasilitas kesehatan baik ditingkat primer maupun sekunder. Seperti posyandu lansia yang rutin dilaksanakan sebulan sekali di setiap dusun saat sebelum pandemi Covid-19. 

Pemeriksaan dasar pun turut dilakukan berupa pengukuran berat badan, tekanan darah, kadar glukosa darah, kolesterol dilakukan secara berkala. Selain itu juga Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Kegiatan tersebut terlaksana tentunya tak lepas dari peran serta para kader kesehatan di dusun. Mereka telah membuka pelatihan senam untuk lansia dengan harapan bisa dikembangkan di dusun masing-masing, tanpa harus mengeluarkan dana lebih untuk menggaji instruktur senam. Selain itu para kader juga sesekali memberikan arahan dan penyuluhan dengan mendatangkan narasumber dari fasilitas layanan kesehatan setempat.

Kegiatan lain pun turut dilakukan seperti refresing bagi lansia meski hanya sekadar piknik, yang dilaksanakan secara mandiri menggunakan iuran dari lansia tersebut. Nampak sekali kegembiraan dan kebahagiaan karena bisa bersama-sama menikmati keindahan alam di luar daerah mereka.

Itulah sedikit gambaran kegiatan lansia di masyarakat terutama di Yogyakarta guna mendukung gerakan atau kegiatan lansia sehat dan bugar, lansia mandiri agar tetap bisa beraktivitas dan hidup bahagia.

Perubahan Tubuh
Usia semakin bertambah, tanpa disadari beberapa perubahan terjadi pada tubuh. Apa saja perubahan itu? Perubahan itu bisa terjadi pada fisik maupun mental atau psikis. 

Perubahan fisik ditenggarai dengan menurunnya kesehatan atau munculnya beberapa keluhan kesehatan, mulai dari keluhan ringan, sedang, hingga keluhan berat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan