Mohon tunggu...
Alvira Putri Arinda
Alvira Putri Arinda Mohon Tunggu... Lainnya - pelajar

mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Peran Generasi Muda untuk Mendukung Net-Zero Emissions

23 Oktober 2021   18:49 Diperbarui: 23 Oktober 2021   18:51 128 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: pinterest.com/kibalinkinars

Pemanasan global telah menjadi isu penting yang harus segera diatasi. Pemanasan Global bisa diartikan sebagai meningkatnya suhu di bumi secara menyeluruh. 

Pola hidup manusia yang terus berkembang dan berubah seiring dengan berkembangnya zaman juga menjadi salah satu faktor penyebab pemanasan global. 

Salah satu ulah manusia yang menjadi penyebab timbulnya global warming adalah polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor ataupun dari aktivitas industri. Jika hal tersebut terus dibiarkan, tentunya akan menjadi ancaman tersendiri bagi keberlangsungan hidup makhluk di bumi.

Net-zero emission, net-zero emission adalah salah satu usaha untuk bisa mencegah terjadinya pemanasan global. Net-zero emission bukan berarti manusia tidak boleh memproduksi gas CO2, namun lebih kearah bisa mengurangi emisi CO2 dengan membantu penyerapan gas karbondioksida di bumi. Keberadaan tanaman hijau dan tanah bisa menjadi salah satu media yang digunakan untuk penyerapan CO2.

Kehidupan makhluk hidup di bumi masih terus berlanjut dan berkembang. Generasi masa depan masih membutuhkan tempat hidup dan sumber daya alam untuk melangsungkan kehidupan mereka. Oleh karena itu, kita harus menjaga bumi ini dengan baik.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda untuk mendukung program net-zero emission antara lain:

  • Menggunakan sedotan stainless

Penggunaan sedotan plastik sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sedotan plastik bisa kita temui dimana saja, mulai dari warung kecil sampai dengan restoran yang mewah. 

Seperti yang kita ketahui, plastik merupakan benda yang sulit untuk diuraikan. Plastik sulit terurai di tanah karena rantai karbonnya yang panjang, sehingga sulit diurai oleh mikroorganisme. Plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian. 

Dikarenakan sulit terurai, plastik bisa mencemari lingkungan, apalagi jika dibakar. Walaupun bisa didaur ulang, meminimalisir penggunaan plastik bisa menyelamatkan bumi kita. Oleh karena itu, penggantian sedotan plastik dengan stainlees dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

  • Membawa botol minum tumbler setiap kali berpergian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan