Mohon tunggu...
Alvira MaitavaniPutri
Alvira MaitavaniPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - @alvira.mp

HAPPY READING AND HAVE FUN:)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pelaksanaan KKNT UPI di Tengah Pandemi Covid-19 Membangun Desa di Bidang Pendidikan

30 Juli 2021   03:42 Diperbarui: 30 Juli 2021   04:00 33 0 0 Mohon Tunggu...

Dampak mewabahnya virus corona (COVID-19) kini juga telah dirasakan oleh dunia pendidikan. Hal ini telah diakui oleh organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), bahwa wabah virus corona telah berdampak terhadap sektor pendidikan. Hampir 300 juta siswa terganggu kegiatan sekolahnya di seluruh dunia dan terancam hak-hak pendidikan mereka di masa depan.

Kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan kumpulan orang-orang kini mulai dibatasi seperti bersekolah, bekerja, beribadah dan lain sebagainya. Pemerintah sudah mengimbau dan mengeluarkan aturan untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah masing-masing untuk menekan jumlah pasien yang terpapar COVID-19 dan menekan laju penyebaran yang terjadi di Indonesia. Menteri Nadiem Anwar Makarim telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 pada Satuan Pendidikan dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (COVID-19) yang memberikan arahan bahwa kegiatan belajar mengajar oleh peserta didik dilakukan secara daring (online) dalam rangka pencegahan penyebaran coronavirus disease (COVID-19).

Dengan mengikuti arahan dari kebijakan pemerintah untuk melakukan segala kegiatan secara daring, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik MDBPE-MBKM kali ini juga dilakukan secara online. Kegiatan KKN Tematik adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh penulis Universitas Pendidikan Indonesia. 

Pelaksanaan KKN kali ini mengusung tema Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi COVID-19. Dalam hal ini penulis melaksanakan kegiatan KKN Tematik MDBPE -- MBKM di SMA Negeri 1 Kramatwatu yang berlokasi di Jalan Pancoran No.1, Desa Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 3 Juli 2021 sampai dengan 3 Agustus 2021.

Kuliah Kerja Nyata ini dilaksanakan dengan berbagai macam program, mulai dari penguatan pembelajaran dan pendampingan guru, pendampingan pembelajaran daring untuk siswa, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring, serta menerapkan media pembelajaran daring.

Pada program penguatan guru ini, penulis membantu guru dalam melaksanakan penguatan pembelajaran berupa penguatan materi, media, dan administrasi guru. Dalam menerapkan media pembelajaran daring penulis membantu guru dalam pembuatan bahan ajar berupa Power Point agar lebih menarik, membantu mengarahkan guru untuk membuat presensi siswa melalui Google Form, dan membuat video pembelajaran untuk siswa.

Kemudian pada program pendampingan pembelajaran daring untuk siswa, penulis bertindak mendampingi siswa yang sedang melaksanakan pembelajaran melalui zoom meeting atau google meet dan melakukan diskusi dengan mereka apabila ada kesulitan dalam belajar. Selain itu juga penulis membantu para orang tua siswa dalam mendampingi anaknya saat pembelajaran daring selama masa pandemi ini dengan menyebarkan pamflet edukasi tentang mendampingi anak belajar dari rumah dengan metode MIKIR.

dokpri
dokpri
Selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini berlangsung penulis mendapatkan ilmu dan pengalaman baru yang didapatkan dari setiap program yang dijalankan. Dan penulis berharap agar pandemi ini segera berakhir sehingga semua masyarakat terutama dalam bidang pendidikan dapat menjalankan segala aktivitasnya seperti sedia kala

Penulis:

Alvira Maitavani Putri

Ilmu Keolahragaan

KKN TEMATIK_KELOMPOK 76

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN