Mohon tunggu...
Alvin F. Zahro
Alvin F. Zahro Mohon Tunggu... Mahasiswi

Pemula yang masih Belajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jangan Sampai Anak Kehilangan Karakter di Era Millenial

28 September 2019   09:10 Diperbarui: 28 September 2019   09:25 305 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Sampai Anak Kehilangan Karakter di Era Millenial
sumber: theasianparent.com

"Muliakanlah anak-anakmu dan Perbaiki Akhlak Mereka" (H. R. Ibnu Majah).

Pendidikan tidak hanya tentang mempelajari mata pelajaran seperti matematika, bahasa Inggris, dan sains. Definisi pendidikan yang lebih luas adalah membahas emosi, kepribadian, dan karakter juga. 

Orang tua saat ini sedang mencari sekolah yang membantu anak-anak mereka dalam mengembangkan aspek anak yang nantinya dapat menjadi good people. Ini mengapa pendidikan karakter sangat penting.

Apa itu Pendidikan Karakter?

Definisi dari pendidikan karakter adalah pendidikan yang menggabungkan nilai-nilai, etika, kematangan emosi dan rasa kewarganegaraan dimana ini sangat penting dilakukan untuk menjadikan anak sebagai pribadi yang baik. Ini terdengar sederhana, langsung dan bahkan jelas bagi kebanyakan orang. 

Namun, pendidikan saat ini sebagian besar telah berkembang ke arah lain, yang berfokus sepenuhnya pada akademik siswa dan perkembangan fisik. Di dunia modern ini, bagaimanapun juga, orang tua dan pendidik semakin menyadari perlunya pendekatan baru yang menekankan karakter serta pengembangan intelektual.

Sebagai orang tua pastinya juga tidak ingin jika anaknya memiliki kecerdasan luar biasa, tapi karakter/akhlaknya tidak baik. Dalam islam, hal yang paling mendasar sebelum menuntut ilmu adalah akhlak yang baik, agar saat orang itu sudah pintar, tidak menggunakan kepintarannya untuk hal buruk.

Imam Darul Hijrah, Imam Malik rahimahullah pernah berkata pada seorang pemuda Quraisy,

Yang artinya "Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu" (Muslim.or.id).

Peran Pendidik dalam Membangun Karakter

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x