Mohon tunggu...
Alvin Wahyu Kurnia
Alvin Wahyu Kurnia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Menulis untuk Belajar, Bukan Menulis untuk Menggurui

Saya adalah seorang Mahasiswa Universitas Terbuka Semester 4 yang baru mendalami ilmu kepenulisan. Kegiatan sehari-hari kuliah, Pengacara (Pengangguran Banyak Acara), Jualan Desain Vektor bersama Teman, Bersepeda, dan tidak suka bermain game.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jangan Berhenti untuk Melakukan Sesuatu

18 Agustus 2021   06:10 Diperbarui: 18 Agustus 2021   06:17 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebenarnya, saya tidak punya ide tentang apa yang harus saya angkat ketika menulis artikel ini, karena memang mood saya untuk menulis sudah agak mulai berkurang seiring berjalannya waktu. 

Ya namanya juga manusia, pasti ada rasa bosannya, atau kalau nggak rasa percaya dirinya mulai luntur karena mungkin tidak memberikan efek secara langsung. 

Saya tempo hari sempat membaca buku berjudul Atomic Habits karya James Clear, dari judulnya saja kita bisa tahu bahwa buku tersebut adalah buku tentang kebiasaan yang mungkin salah satu dari sekian banyak buku yang saya rekomendasikan untuk anda baca, karena disitu diajarkan sebuah hal dari salah satu kunci meningkatkan diri yang cara-caranya sangat mudah untuk diaplikasikan. 

Ketika menulis ini, rasa ingin istirahat untuk menulis sangat saya rasakan, mungkin ketika saya ngomong masalah ini kepada teman atau keluarga saya, mereka menyarankan untuk istirahat sejenak supaya ide akan muncul kembali, tetapi apakah semudah itu? 

Saya seringkali mendapati diri menemukan ide yang tiba-tiba muncul, namun hilang karena saya membiarkannya, bagaimana saya bisa menuangkan ide, karena situasinya memang tidak tepat untuk menulisnya atau pada situasi yang tak diinginkan, biasanya ide akan muncul ketika saya sholat, atau ketika mandi, di wc, atau ketika ingin tidur, namun ketika saya ingin menulis yang sebenarnya atau karena memang sudah waktunya menulis seperti saat ini, saya malah tidak ada ide sama sekali untuk menulis sesuatu.

Sejenak memang hal itu wajar, saya tempo hari lalu sempat melihat video salah satu seorang youtuber tanah air, dia mengajari gimana caranya supaya bisa menuliskan ide secara lancar dan memuaskan, cara yang disarankan adalah brainstorming, atau menuliskannya secara random, sebelum nanti disusun secara sistematis. 

Random yang dimaksud disini, ketika ada ide, kita langsung tuangkan dimanapun, atau untuk jaga-jaga, kita bisa membawa catatan kecil tersebut supaya ketika ide tiba-tiba muncul, kita langsung bisa tuangkan, sejenak hal tersebut mungkin cara yang brilian, namun, hal itu tidak cocok untuk diri saya, karena saya tidak suka mencampur adukkan kegiatan satu dengan kegiatan lain. 

Ketika waktunya nulis ya nulis, meskipun hal tersebut mungkin tidak efisien, karena ide yang muncul kesannya asal-asalan, tetapi saya memegang satu prinsip yaitu "Lakukan Sesuatu". 

Tips ini saya dapatkan ketika membaca buku Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson yang kemarin sempat kita review, saya sudah membaca buku tersebut mungkin sudah sebanyak 7 kali, dan saya rasa, buku tersebut lebih cocok untuk saya daripada buku Atomic Habits, namun, bukan berarti saya tidak membacanya, karena saya tidak pernah menaruh diri secara fanatik terhadap suatu ilmu yang mungkin bertentangan dengan ilmu yang saya percayai sejak lama.

Lakukan sesuatu mungkin kesannya amburadul, tidak terstruktur, tidak runtut, atau kurang perfect, namun hal ini ternyata sudah menjadi senjata saya dari masa SMA dan pada saat itu, saya belum mengenal buku tersebut (Seni untuk Bersikap Bodo Amat). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun