Mohon tunggu...
Alvinsa Irfan
Alvinsa Irfan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Menjelang Ramadan Mahasiswa PMM Kelompok 79 Universitas Muhammadiyah Malang Membersihkan Masjid di Kelurahan Nglegok

11 April 2021   17:52 Diperbarui: 11 April 2021   18:00 164 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjelang Ramadan Mahasiswa PMM Kelompok 79 Universitas Muhammadiyah Malang Membersihkan Masjid di Kelurahan Nglegok
Kelompok 79 PMM Universitas Muhammadiyah Malang

Menyambut bulan Ramadhan, kelompok Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhamadyah Malang (UMM) kelompok 79, menggelar kegiatan bersih-bersih masjid. 

Tepatnya di masjid Jami' MUSTAWAN Nglegok Kabupaten Blitar, yang tentunya perlu dilindungi dan dijaga keindahan dan kebersihannya. 

Hal yang dilakukan yaitu menyapu, merapikan rak sarung dan mukena, mengelap pintu dan pilar masjid. Masjid ini memiliki 1000 daya tampung jamaah, selain itu masjid ini memiliki luas lahan sebesar 2.590m dan luas bangunan 1.342 m.

Pembersihan masjid mencakup seluruh lingkungan masjid, Di sela-sela melakukan kegiatan bersih masjid. Koordinator PMM UMM kelompok 79, Alvinsa Irfan mengatakan, "Ini merupakan salah satu kegiatan dari beberapa program PMM kelompok kami, disisi lain kami juga ingin masjid Jami' MUSTAWAN terlihat bersih dan rapi. 

Dengan kondisi masjid yang bersih dan rapi pasti akan membuat jamaah merasa nyaman dan khusyu ketika melakukan ibadah, dan juga tentunya dalam rangka menyambut bulan ramadhan yang akan datang dalam beberapa hari kedepan."

Kegiatan sosial ini pun mendapat apresiasi dari tamir Masjid Jami' MUSTAWAN. Tamir masjid tersebut mengatakan, gerakan bersih-bersih masjid ini dapat menjadi aktivitas yang menggerakkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kebersihan masjid.

"Saya mengucapkan terimakasih banyak atas bantuannya dari PMM UMM kelompok 79 dalam membersihkan masjid, tentunya dalam hal ini saya sangat senang sekali karena anak muda seperti anda peduli terhadap kebersihan dan keindahan masjid Jami' MUSTAWAN" Ungkap tamir masjid tersebut

"Kita berharap semoga saja dengan yang kita lakukan ini bisa bermanfaat untuk warga sekitar masjid agar selalu meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan dan keindahan masjid Jami' MUSTAWAN, saya juga mendengar kabar bahwa pembangunan masjid ini menelan biaya sampai milyaran. Untuk setingkat kecamatan tentunya sangat mewah hasil dari pembangunannya maka juga tak berlebihan jika Wapres Budiono diminta oleh Pemda Blitar untuk meresmikannya pada tahun 2014 yang lalu." Tambah Alvinsa Irfan selaku koordinator PMM UMM kelompok 79.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x