Mohon tunggu...
Al Vingra
Al Vingra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alvingra Fani Zaniska

Nama: Alvingra Fani Zaniska Email: alvingra3@gmail.com Intensitas: Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kuliah Perdana di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta di Tengah Pandemi

29 Januari 2022   17:31 Diperbarui: 29 Januari 2022   18:02 72 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkuliahan seharusnya dilakukan secara tatap muka. Dimana sesuai dengan artinya kegiatan perkuliahan adalah proses pembelajaran yang meliputi kegiatan tatap muka di kelas, praktikum, penyelenggaraan percobaan dan pemberian tugas akademik lain. Pembelajaran yang dilakukan oleh seorang siswa yang kini telah bertambah gelar "maha" yang berganti menjadi "mahasiswa".

Namun, ekspektasi tak sesuai realita dimana mahasiswa terutama mahasiswa baru semester awal tepatnya siswa SMA lulusan tahun 2020 atau saat itu dijuluki dengan "lulusan jalur corona" terpaksa melakukan pembelajaran yang mengikuti aturan pemerintah. Dimana perkuliahan harus dilakukan secara daring atau online hanya kuliah dari rumah tidak bertatap muka. Tidak hanya terjadi pada mahasiswa saja tetapi di semua kalangan pelajar juga mengalami hal yang sama, yaitu sekolah secara daring atau online.

Kondisi sekarang sangat jauh berbeda dengan kondisi masa lalu. Dimasa dimana Covid-19 belum hadir menapaki tanah Indonesia. Seketika semua berubah, alhasil semua harus mengikuti aturan pemerintah. Bidang Pendidikan harus berupaya mengubah semua sistem menjadi serba online, dimana bisa tidak bisa harus bisa. Begitu juga dengan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta yang mematuhi peraturan dan membuat terobosan sebagai solusi, yaitu dengan pembelajaran secara daring atau online seperti yang lainnya.

Apa boleh buat, kondisi saat ini telah berubah drastis. Dulu perkuliahan adalah proses pembelajaran yang meliputi kegiatan tatap muka di kelas, praktikum, penyelenggaraan percobaan dan pemberian tugas akademik lain yang seharusnya dilakukan secara langsung di kampus namun kini keadaan memaksa semua harus dilakukan dirumah secara daring atau online. Tidak heran jika saat ini mahasiswa baru semester awal tepatnya siswa SMA lulusan tahun 2020 harus kuliah perdana ditengah pandemi mau tidak mau harus mau karena dipaksa oleh keadaan untuk tetap berjuang dan berkembang ditengah pandemi demi perguruan tinggi.

"Tetap jalani apa yang sudah menjadi pilihan, ingat tujuan awal, dan akhiri dengan senyum lebar atas kesuksesan yang sudah diperjuangkan". Mungkin semangat seperti itu yang selalu ditanamkan pada diri mahasiswa semester awal di tahun 2020 untuk tetap semangat menjalani perkuliahan perdananya ditengah pandemi seperti saat ini. Berdamai dengan keadaan yang sebenarnya tidak diinginkan. Tetapi apalah daya, mungkin pilihan kuliah perdana ditengah pandemi menjadi solusi terbaik untuk mahasiswa tetap produktif mengolah pikiran sehingga tertanam pada diri masing-masing mahasiswa "aku sudah memulainya dengan Bismillah, tidak boleh menyerah sampai aku bisa mengatakan Alhamdulillah".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan