Mohon tunggu...
Alvin Dias Pratama
Alvin Dias Pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Saya adalah seorang mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret Surakarta jurusan Teknik Mesin dengan passion besar untuk bisa berkarir di bidang manufaktur dari perusahaan internasional.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Tuan Rumah PON XX Sukses Bawa Pulang Medali Emas Dalam Cabang Olahraga Futsal

16 Oktober 2021   03:38 Diperbarui: 16 Oktober 2021   03:55 102 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: tribunnews.com

Tim futsal Papua berhasil melengkapi kisah supernya dengan meraih medali emas untuk PON XX Papua 2021 setelah mengalahkan juara bertahan futsal PON XIX 2015, yaitu tim futsal Jawa Barat dengan skor 4 -- 2 di partai final Futsal PON XX Papua Futsal 2021.

  Berikut adalah hasil final Futsal PON XX Papua 2021 yang berlangsung pada hari Minggu (3/10/2021)  di Gor SP 2 Mimika, Papua pada pukul 13.00 WIB. 

 Gol pembuka tim futsal Papua melawan Jawa Barat pada final Futsal PON Papua XX 2021 berhasil diciptakan oleh Muhammad Najib dengan memanfaatkan kesalahan dari Rio Pangestu Putra pada menit ke-5. Tim futsal Papua berhasil menambah gol lewat Pieter Marcellino Ireeuw lewat serangan balik cepat. Namun, di sisa 30 detik terakhir babak pertama tim futsal Jawa Barat berhasil memperkecil ketertinggalan lewat gol dari kapten mereka, yaitu Rio Pangestu Putra.

Kemudian, di babak kedua tim futsal Jawa Barat tampil lebih ngotot dan semangat sehingga berhasil mencetak gol lewat Rio Pangestu yang membawa skor sementara imbang 2 -- 2. 2 gol dari Rio Pangestu Putra ini seakan berhasil menebus kesalahannya pada awal babak pertama tadi. Melihat hal ini pelatih dari tim futsal Papua tidak tinggal diam, dia kembali memasukkan pemain inti atau paketan utama dari tim futsal Papua. Strategi dari pelatih tim Futsal Papua itu membuahkan hasil karena FX Mikus Tanu berhasil mencetak gol lewat skema serangan cepat.

Gol tunggal dari FX Mikus Tanu tersebut membuat pemain dari tim Futsal Jawa Barat berusaha tampil lebih baik dan berhati-hati lagi. Sepertinya pemain dan pelatih dari tim Futsal Jawa Barat memang mempunyai mental juara yang sangat tinggi, hal itu dibuktikan dengan permainan dari tim Futsal Jawa Barat yang tetap stabil dan konsisten meskipun harus melawan tim tuan rumah dari PON Papua XX 2021.

Sayang pada pengujung babak kedua kapten dari tim futsal Jawa Barat harus mendapatkan kartu merah karena melakukan pelanggaran terhadap Ardiansyah Runtuboy. Hal ini membuat tim Futsal Jawa Barat yang harus mengejar ketertinggalan 1 gol dari tim Futsal Papua terpaksa bermain dengan 4 orang saja.

Momen itu dimanfaatkan pelatih dari tim Papua dengan mengambil time out untuk mengatur strategi. Di sisa-sisa menit akhir pertandingan, Papua berhasil menambah skor lewat sepakan keras dari Wendy Brian Lingga Ick yang membuat skor menjadi 4 -- 2. Wendy Brian Lingga Ick melakukan selebrasi gol berebihan sehingga wasit terpaksa memberinya kartu kuning.

Tim futsal Jawa Barat yang tertinggal dua gol tetap berusaha mengejar skor dengan menerapkan skema power play. Namun, hingga akhir pertandingan babak kedua  pemain dari Jawa Barat tak mampu menyamakan kedudukan. Alhasil tim futsal Jawa Barat yang menjadi juara bertahan PON XIX Jawa Barat 2015 harus puas dengan medali perak di PON XX Papua 2021.   Dalam laga final Futsal PON XX Papua 2021, tuan rumah Papua tampil impresif  dan solid yang membuat pemain tim futsal Jawa Barat yang dihuni oleh 90 % pemain Pro Futsal League tidak mampu membobol pertahanan tim futsal Papua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan