Mohon tunggu...
Alvina Yuni
Alvina Yuni Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta

saya seorang mahasiswa baru saya hobi bernyanyi saya memiliki kepribadian yang ceria namun kadang mudah berganti mood saya menyukai topik koten yang bertema tentang seni dan sosial

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Partisipasi Warga Negara Menyambut Hari Kemerdekaan

9 Agustus 2022   13:08 Diperbarui: 9 Agustus 2022   13:20 282 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: news.detik.com

Hari kemerdekaan Republik Indonesia atau Hari ulang tahun Republik Indonesia, atau dalam bahasa sehari-harinya Tujuh belasan, adalah hari libur nasional Indonesia untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 agustus.

Indonesia merupakan negara Demokrasi yang segala kepentingan negaranya melibatkan seluruh masyarakat yang ada. Salah satunya melalui kegiatan penyambutan hari kemerdekaan.

Sayangnya sudah hampir 2 tahun kegiatan penyambutan 17 agustus ini tidak dilaksanakan dengan meriah karena adanya virus Covid-19 yang memaksa para warga negara untuk stay at home dan menjauhkan diri dari kerumunan.

Pada tahun 2022 ini Indonesia akan kembali memperingati ulang tahunnya yang ke 77. Dengan sambutan meriah dari para warga negaranya.

Partisipasi rakyat ini diartikan sebagai wujud tindakan sosial dan politik dilingkungan masyarakat. Wujud partisipasi ini dapat dilihat dari kegiatan yang baru-baru ini dilakukan para masyarakat JL. Garuni III RT 08 RW 03 Kledokan Depok Sleman Yogyakarta dengan menghias dan memasang bendera di wilayah sekitar rumah mereka guna menyambut 17 agustus 2022 nanti.

Berdasarkan hak dan kewajiban warga negara, kegiatan yang dilakukan oleh para warga untuk menyambut hari kemerdekaan ini sudahlah termasuk kedalam kegiatan Bela Negara. 

Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut mencerminkan pelaksanaan demokrasi dalam masyarakat, juga rasa syukur dan hormat kita terhadap kemerdekaan yang telah di raih oleh para pejuang kita terdahulu.

Partisipasi warga negara biasanya diwujudkan dengan mengadakan beberapa kegiatan didaerah masing-masing seperti beberapa permainan, yaitu: lomba tarik tambang, balap karung, panjat pinang, makan kerupuk dsb.

Sumber: sulbarkita.com
Sumber: sulbarkita.com
Setiap tahunnya juga pada tanggal 17 agustus, beberapa desa dan kota di Indonesia bukan hanya mengadakan berbagai permainan atau lomba untuk menyambut hari kemerdekaan,  melainkan mereka mengadakan Karnaval atau Festival yang di ikuti oleh hampir seluruh warga yang ada di desa atau kota tersebut.

Biasanya karnaval ini banyak di ikuti oleh anak-anak, remaja serta orang dewasa dengan memakai kostum unik atau kostum khas dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Berbagai bentuk partisipasi kegiatan diatas merupakan bentuk peran aktif warga negara dalam pelaksanaan sistem sosial dan politik di Indonesia.

Penulis: Alvina Yuni Agustin

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan