Ekonomi

15 Situs Properti Terpopuler di Indonesia

9 April 2018   18:57 Diperbarui: 10 April 2018   09:04 12711 0 1
15 Situs Properti Terpopuler di Indonesia
situs properti terpopuler di indonesia

Ketika kita hendak mengiklankan properti kita di internet, tentu kita perlu mengetahui seberapa besar jumlah pengunjung ke website tersebut. Jikalau kita sudah bersedia menjual properti kita dengan harga murah, maka sekarang yang harus dipikirkan adalah bagaimana caranya semua orang mengetahui bahwa kita sedang menjual properti dengan harga murah. Sebab kalau harga sudah murah, itu harus cepat laku. Dan supaya cepat laku, itu harus diketahui oleh sebanyak mungkin orang.   

Data yang paling umum diterima dalam menentukan ranking jumlah kunjungan ke satu website adalah ranking yang dikeluarkan oleh alexa.com  milik raksasa teknologi Amazon.com. Sayangnya Alexa itu hanya menunjukkan rankingnya tetapi tidak menunjukkan berapa estimasi pengunjung di dalam website tersebut. 

Ada website-website lain yang menunjukkan berapa perkiraan jumlah pengunjung dari satu website, seperti siteworthtraffic.com, trafficestimate.com, statshow.com, similarweb.com, dsb. Umumnya website-website ini memperkirakan berdasarkan data dari Alexa dan mengestimasi lebih kecil dari nilai kunjungan sesungguhnya. Pengecualian adalah situs similarweb dimana berdasarkan blog dan diskusi-diskusi di quora, itu cenderung mengoverestimasi jumlah kunjungan ke satu website, bahkan sampai 300-400%. Bisa dilihat disini dan disini

Itu sebabnya dalam ranking ini kita akan menggunakan alexa.com sebagai acuan ranking, dan menggunakan estimasi pengunjung dari situs siteworthtraffic.com

Di ranking ini kita hanya menunjukkan website yang memang hanya berisi iklan properti saja. Jadi olx.co.id misalnya tidak kita masukkan, karena olx.co.id tidak hanya mengiklankan properti saja tetapi berbagai macam barang, sehingga sulit untuk dinilai berapa tingkat kunjungan ke bagian propertinya. Begitu juga dengan trovit.co.id dan mitula.co.id yang memiliki iklan mobil dan pekerjaan juga. Jadi tidak kita masukkan dalam ranking ini.  

11 dari 15 website dalam ranking ini adalah properti portal. Sedangkan 4 lainnya adalah website milik agensi properti, yaitu milik KR Property - krproperty.id (ranking 10), Ray White Indonesia - raywhite.co.id (ranking 11), Travelio - travelio.com (ranking 13) dan Jendela360 - jendela360.com (ranking 15). 

Di properti portal itu iklan-iklannya berasal dari agen-agen dari berbagai merek kantor properti ataupun agen freelance perorangan. Jadi jikalau kita ingin memakai jasa mereka untuk memasarkan properti kita, sulit untuk mengetahui seberapa luas jaringan dan pengalaman dari agen-agen yang ada dalam properti portal itu. Hal ini karena saking banyaknya agen dari berbagai merek ataupun yang bekerja perorangan. 

Website properti agensi, di sisi lain itu berasal dari hanya satu kantor/satu merek saja. Jadi ketika kita menitipkan properti kita maka itu bukan ke perorangan, tetapi ke perusahaan dari agensi properti itu. 

Harap diperhatikan bahwa daftar ini dibuat berdasarkan tingkat kunjungan per tanggal 9 April 2018. Saat anda membaca artikel ini bisa saja tingkat kunjungan dan ranking websitenya sudah berubah.

Berikut adalah daftarnya (ranking berdasarkan Alexa.com dan estimasi kunjungan berdasarkan siteworthtraffic.com): 

Peringkat 15 --- Jendela360.com  

Status : website milik agensi properti

Ranking Alexa di Indonesia : 18,024

Estimasi kunjungan per bulan : 34,080 visits 

Peringkat 14 ---Rumahcitra.com

Status : properti portal 

Ranking Alexa di Indonesia : 17,437 

Estimasi kunjungan per bulan : 38,100 visits 

Peringkat 13 ---Jual-apartemen.com 

Status : properti portal 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4