Mohon tunggu...
Humaniora

Layanan dalam Bimbingan Konselor yang Harus Ada

9 April 2018   23:42 Diperbarui: 10 April 2018   00:48 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Mengulas kembali bimbingan konseling, tetapi kali ini kita membahas tentang layanan bimbingan konseling. Sebelum membahasnya kita terlebih dahulu harus mengetahui apa itu layanan. Menurut KBBI, layanan adalah membantu menyiapkan (mengurus ) apa saja yang diperlukan sesorang atau istilah lainnya meladeninya.

Naaa jadi layanan adalah kegiatan yang membantu sesorang dalam menghadai segala sesuatu yang terjadi, dan  yang mereka lakukan. Dan selanjutnya kita membahas layanan apa saja yang ada dalam bimbingan konseling.

Pertama, Layanan pengumpulan data tentang klien. Layanan ini merupakan usaha untuk mengetahui diri klien untuk mendukung penyelesaikan permasalahan. Dan data-data yang diperoleh akan dikumpulkan dan disimpan guna untuk mengetahui masalah yang sedang klien hadapi.

Kedua, Layanan informasi. Layanan ini merupakan layanan yang dilakukan untuk memberikan informasi kepada klien, informasi yang didapat oleh konselor akan di berikan kepada klien untuk di pelajarinya sehingga klien dapat mengambil keputusan yang tepat, yang tidak merugikan sebelah pihak. Selain sebagai layanan informasi, layanan ini juga sebagai tempat untuk pengambilan keputusan yang tepat untuk klien.

Ketiga, Layanan Konseling. Layanan ini merupakan layanan yang penting dalam program bimbingan konseling karena layanan ini memfasilitasi klien untuk mendapatkan bantuan pribadi secara langsung, face to face (tatap muka) maupun melalui media sosial untuk memeroleh pemahaman dari masalah yang dihadapi.

Keempat, Layanan penematan. Layanan ini meruakan layanan yang dilakukan konselor untuk klien, dimana konselor ini mebantu klien untuk mendapatkna tempat sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh klien, sehingga tempat tersebut dapat dengan baik menyalurkan dan mengambangkan potensi klien. Kalau di sekolah layanan ini biasanya untuk menentukan jurusan, dan kelanjutan sekolah.

Kelima, Layanan evaluasi atau tindak lanjut. Layanan ini dilakukan untuk mengetahui tujuan program bimbingan yang telah dilaksanakan dapat tercapai. Kemudian konselor dapat meminta penilaian kepada klien hasil pelayanan yang dilakukan untuk ditindak lanjuti  (follow up). Naaaa hasilnya dapat digunakan untuk mengembangkan dan memerbaiki program bimbingan konseling selanjutnya.

Naah, pembahasan diatas semoga dapat bermanfaat. Ingat setiap masalah memiliki penanganan atau layanan yang berbeda untuk menyelesaikannya. Jadi bagi anda yang memiliki masalah jangan khawatir kalau masalah anda tidak dapat terselesaikan, sesungguhnya Allah tidak akan memberikan suatu cobaan (masalah) di luar batas kemampuan manusia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun