Mohon tunggu...
Alvelly Ocean Tandiseru
Alvelly Ocean Tandiseru Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar Sekolah - Pelajar SMA

Saya memiliki hobi memasak, mendengarkan musik, menonton, dance, basket dan masih banyak lagi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Bosan Selama Pandemi? Masak Aja!

18 Agustus 2022   22:18 Diperbarui: 18 Agustus 2022   22:43 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Selama masa pandemi, begitu banyak orang yang harus terkunci dirumah selama berhari-hari dengan keadaan yang begitu-begitu saja, main game/hp, makan, kerja, sekolah, tidur, begitu seterusnya hampir setiap hari. Saya pun melakukan hal tersebut baik secara sadar maupun tidak sadar. Sampai suatu hari saya sangat bosan dengan bermain hp. Ketika saya membuka salah satu platform media sosial yaitu Tiktok, saya melihat orang yang mengunggah video sedang memasak dan membagikan tutorial dalam memasak makanan tersebut, makanan tersebut nampak sangat menarik dan menggugah selera. Saya pun tersadar kalau, di rumah saya memiliki bahan-bahan yang tercantum di dalam video. Saya mulai mempraktikan masakan yang saya lihat di video tersebut, tahap demi tahap saya lakukan sendiri. Ketika makanannya jadi, saya merasakan ada perasaan senang dan bangga melakukan hal tersebut. Saat itulah saya memulai untuk sering memasak dan memiliki hobi memasak.

Banyak orang yang berpikir memasak hanyalah tugas/hobi perempuan, tetapi percayalah megoleksi motor bukanlah hanya hobi laki-laki. Semua orang pasti bisa memasak, tergantung apakah kamu berani dan percaya akan masakan mu. Kalau kamu takut akan masakanmu yang tidak enak, masalahnya hanyalah pada bumbu.

Memasak adalah salah satu hobi saya saat ini. Tetapi, saya bukanlah chef, melainkan hanya seorang pelajar yang memasak didapur dengan bahan seadanya dan menjadikannya kesenangan sendiri. Memasak memiliki banyak manfaat contohnya ; mengasah kreatifitas, menambah skill, membuat orang lain bahagia/senang, membuat diri sendiri senang, lebih hemat dan masih banyak lagi.

Memiliki hobi memasak bisa dijadikan suatu profesi dan keuntungan bagi diri kita sendiri. Sudah begitu banyak orang-orang sukses diluar sana yang profesinya sebagai Chef (Juru Masak). Chef juga berperan penting dalam kehidupan kita, mereka biasanya cenderung lebih memahami tentang masakan-masakan dengan kualitas terbaik. Selain itu, mereka sudah terlatih dan lebih fasih dalam menambahkan bumbu, menggunakan alat-alat dapur, menciptakan rasa baru dalam suatu makanan. Berikut adalah daftar nama beberapa dari Chef yang cukup terkenal :

Saya memiliki hobi memasak dan menonton yang berhubungan dengan memasak, contohnya saya menonton Master Chef Indonesia dan Junior Master Chef Indonesia.

Pada dasarnya memasak sudah ada sejak waktu yang sangat lama yaitu sekitar 2 juta tahun yang lalu. Tetapi, awalnya makanan juga hanya dimakan mentah-mentah tanpa adanya proses pengolahan terlebih dahulu. Namun kini masakan sudah berevolusi dari tahun-ketahun.  Mulai dari cara mengumpulkan bahan-bahan (dulu memburu sendiri sekarang tinggal membeli dipasar), alat-alat masak (dulu menggunakan batu dan alat seadanya, sekarang ada panci, wajan, codet), bahan-bahan masak (dulu terbatas pengetahuan tentang bahan serta tidak memilih, sekarang lebih luas wawasan dan bahan dipilh yang berkualitas baik), bumbu, cara memasak, teknik memasak, variasi masakan dan masih banyak lagi. Manusia Purba diduga sebagai pelopor dalam memasak dan mengolah makanan, manusia purba tersebut adalah jenis Homo Herectus. Api juga merupakan salah satu penyebab adanya makanan-makanan yang sudah matang/sudah dimasak, karena api lah yang dibilang utama dalam mematangkan semua makanan.

Zaman ini, orang tidak harus lagi menanyakan cara memasak suatu makanan kepada orang yang dikenal, melainkan sekarang bisa melalui orang asing, buku resep atau melalui media sosial. Saya sendiri lebih sering menggunakan media sosial sebagai sumber inspirasi dalam menentukan masakan yang akan saya buat. Terkadang saya menggunakannya hanya sebagai panduan karena saya sudah menentukan ingin memasak apa. Tetapi, terkadang saya menggunakan media sosial sebagai pacuan atau sumber inspirasi masakan. Masakan yang pernah saya masak yaitu, capcay, tumis kangkung, dakgangjeong (Sweet and Spicy Korean Chicken), Ayam Crispy, Spaghetti carbonara, Beef steak, Chicken steak, Carbonara rice, Chicken katsu curry, Chicken alfredo pasta, ayam geprek, sambal bawang, nugget geprek, nasi daun jeruk+ayam goreng sambel korek, dll. Masakan yang ingin kita masak bisa ditentukan dari budget, bahan yang ada, dan selera masakn seperti apa yang kita sukai/yang ingin kita coba.

Memasak memiliki beberapa Teknik umum, yaitu :

  • Menggoreng = memasak dengan menggunakan minyak yang sudah panas.
  • Mengukus = memasak dengan menggunakanuap air yang mendidih.
  • Merebus = memasak dengan menggunakan air yang sudah mendidih.
  • Menumis = memasak dengan menggunakan sedikit minyak.
  • Memanggang = memasak dnegan cara dimasukkan kedalam oven.
  • Membakar =  memasak dengan menggunakan api secara langsung atau asap dari arang yang panas.
  • Oseng = memasak dengan menggunakan sedikit minyak (lebih sedikit daripada menumis).
  • Poaching = memasak dengan menggunakan air yang panas (suhunya lebih rendah daripada merebus).

Berikut beberapa ide masakan yang pernah saya tirukan dan mungkin anda juga akan tertarik untuk mencobanya :

1. Dak ganjeong (Tiktok : michelleyurika)

2. (Tiktok : cheekykido)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun