Mohon tunggu...
Aluzar Azhar
Aluzar Azhar Mohon Tunggu... Freelancer - Penyuluh Agama Honorer

Berbuat baik kok malu, jadi weh ...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dongeng | Elis

6 Januari 2018   15:58 Diperbarui: 6 Januari 2018   17:11 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
"Ujungberung Sunrise" (Dokumentasi Pribadi)

Aku kurang ngeuh  dongeng Alice in Wonderland, tapi aku harap "Elis"-ku ini ngabobodo nu cengeng  (membodoh-bodohi yang rewel-manja). Yo i, aku-lah! Aku ingin tegar; aku ingin berjiwa besar; dan aku ingin mandiri.

Inilah kisah hidup bahwa kehidupan di dunia serba-mungkin, sedangkan kelak serba-pasti. Tak percaya?

Makhluk tercantik itu buka dompetku. Aku di mana? Kasihan dompetku; tak berdaya, tergeletak begitu saja; maka biang kerok itu leluasa satroni dataku. Bujubune ... tanggal-bulan-tahun lahir kita sama!

Dua sampai tiga tahun, aku terpenjara dalam labirin mahabah zalim. Iwan Fals kutuk kita: Kucari engkau lari, kudiam kauhampiri.  Kalo Ahmad Dhani sudah beken, pasti nimbrung-cibir: Cintaku bertepuk sebelah tangan...

Cius,  baru ngeuh  sekarang-sekarang-lah. Salah strategi! Kekawan yang GR pakar cinta, ada yang omong: "Pakai Teori Siluman: muncul, hilang; muncul hilang!" Kawan lain bilang: "Kirim kesukaannya!" Hoho, c Borokokok  suka mobil, gimana?  Ke ribuan kawan, aku titip bunga dan puisi, tolong kirimkan ... Busyet, mereka pun suka; olala, mereka sainganku!

Hm,  dua-tiga tahun-ku ..., maka dar-der-dor ... "Aku padamu!" "Aku cinta Kamu!" kuobral. Dari belasan, ada tiga-lah yang nyangkut.  Hihi, plus jadi pakar cinta! Ya, sakit cinta dengan cinta lagi; hilang betina dengan betina lagi; ...

Protes? Gini  argumennya: "Jangan kan  berbuat, mengatakan 'cinta' saja, aku takut mengotori kesucian cinta!" Apakah Rabiatul Adawiah seguru-seilmu denganku (saat itu)? Kini, alhamdulillaah, aku menemukan definisi 'cinta'. Ya, beri (jangan take and give)!

CLBK itu tidak mensyukuri nikmat!

Kalau bermain 'api', tentulah serba-mungkin terjadi. Tapi CLBK itu, menurutku, dongeng asli alias tak mensyukuri nikmat bahwa kita itu makhluk mudah mencinta, susah membenci.

Terima kasih, Elis dan ribuan kawan, sainganku. Dua-tiga tahun-ku itu adalah wonderland-ku. Heuheu.

Ujungberung, 6 Januari 2018.

GR: gede rasa.

CLBK: cinta lama bersemi kembali.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun