Mohon tunggu...
Alto RefaChandra
Alto RefaChandra Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Penulis

Saat ini saya masih menjadi mahasiswa Universitas Brawijaya, selain kuliah saya memiliki kesibukan lain yaitu mendaki gunung dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Gaya Hidup Baru Menjadi Kunci untuk Terwujudnya Net-Zero Emissions di Negara Indonesia

21 Oktober 2021   22:43 Diperbarui: 21 Oktober 2021   23:18 132 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Teman-teman semua, apakah kalian setuju dengan pernyataanku yang mengatakan bahwa "usia bumi sudah tidak muda lagi". Yah aku pribadi merasakan hal tersebut, bumi sudah tua dan mendekati pada kehancuran jika tidak dijaga dengan baik oleh umat manusia. Kalian tidak percaya? terdapat bukti nyata yaitu kondisi bumi saat ini sering terjadi bencana alam dan perubahan iklim (kondisi cuaca yang sangat tidak teratur).

Kenapa hal ini bisa terjadi? Salah satu penyebabnya karena kita kurang memiliki kepedulian dalam menjaga bumi, perilaku manusia dapat dikatakan lebih cenderung menghancurkan dibandingkan dengan menjaga. Coba kita bersama-sama mencermati dengan baik, sesungguhnya telah banyak himbauan yang menyatakan "pemanasan global dapat membuat bumi kita menjadi hancur".

Tetapi kenyataannya kita seakan tidak peduli dan malah asyik dengan gaya hidup yang dapat mengakibatkan pemanasan global menjadi lebih besar. Aku pribadi sangat peduli dengan permasalahan pemanasan global, karena faktanya pemanasan global memang sangat berbahaya pada keberlangsungan bumi.

Sumber_Gambar: theconversation.com_Dengan_Desain_Pribadi
Sumber_Gambar: theconversation.com_Dengan_Desain_Pribadi

Lalu timbul pertanyaan, apa faktor utama yang bisa membuat pemanasan global bisa terjadi? Salah satu faktor yang membuat pemanasan global dapat terjadi yaitu besarnya emisi karbon yang lepas ke atmosfir bumi.

Net-Zero Emissions Menjadi Kunci Menyelesaikan Permasalahan Pemanasan Global

Sumber_Gambar: intermtnwindandsolar.com_Dengan_Desain_Pribadi
Sumber_Gambar: intermtnwindandsolar.com_Dengan_Desain_Pribadi

Harus diakui bahwa emisi karbon sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kehancuran pada bumi jika tidak segera untuk diatasi. Aku percaya bahwa masih banyak dari kita yang belum mengetahui tentang emisi, sesungguhnya emisi merupakan zat-zat pembuangan yang beracun dan dapat membahayakan makhluk hidup serta mencemari lingkungan

Pemakaian emisi karbon secara berlebihan dan dilakukan secara terus-menerus juga dapat mengakibatkan suhu udara menjadi meningkat dan menyebabkan pemanasan global.

Permasalahan ini memang harus segera diatasi, seluruh Negara perlu memperhatikan permasalahan emisi agar tidak terjadi pemanasan global yang lebih besar. Maka dari itu tercetus penandatanganan Paris Agreetment yang diikuti sebanyak 195 Negara dunia termasuk Indonesia. Adanya Paris Agreetment diharapkan akan membuat permasalahan emisi di setiap Negara dapat terselesaikan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan