Mohon tunggu...
Alto RefaChandra
Alto RefaChandra Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Penulis

Saat ini saya masih menjadi mahasiswa Universitas Brawijaya, selain kuliah saya memiliki kesibukan lain yaitu mendaki gunung dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Berusaha Mewujudkan Mimpi Ayah dengan Cara Pergi Haji Sedari Muda

9 Oktober 2020   10:47 Diperbarui: 9 Oktober 2020   13:02 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Gambar Pribadi, 2020

Pengen deh bisa liburan ke Jepang, pengen deh bisa liburan ke Australia, pengen deh bisa liburan ke Korea Selatan, pengen juga bisa liburan ke Amerika dan Inggris. Eh to aku mau tanya, kalau kamu pengen liburan ke mana ?

Jujur dalam hati yang mendalam, saya sering sebal ketika teman memiliki banyak rencana liburan ke luar Negeri. Namun tidak sedikitpun mereka memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah Haji. Padahal kita tahu sendiri bahwa Haji sangatlah penting bagi seseorang yang beragama Islam, pergi haji merupakan rukun Islam yang ke lima. Kalau kita mampu jalan-jalan ke luar Negeri, tentunya secara logika kita juga mampu untuk menunaikan ibadah Haji.

Menyikapi pertanyaan dari teman-teman, sejujurnya saya dengan lantang akan menjawab "saya tidak ingin pergi liburan ke beberapa Negara seperti kalian, satu keinginan saya yaitu bisa menunaikan ibadah Haji secepat mungkin. Apalagi saya terlahir di generasi milenial, saya masih berusia muda dan tentunya masih kuat-kuatnya untuk menunaikan ibadah Haji".

Pola pikir saya bisa seperti ini, tentunya tidak timbul begitu saja, ada beberapa permasalahan yang membuat saya memiliki pemikiran seperti ini. Saya ingin sekali melanjutkan cita-cita dari ayah saya yaitu menunaikan ibadah Haji. Jujur ayah sangat ingin bisa berangkat Haji, beliau sudah menyiapkan tabungan untuk bisa berangkat Haji.

Sumber : Gambar Pribadi, 2020
Sumber : Gambar Pribadi, 2020

Namun kenyataan berkata lain, tuhan memiliki rencana lebih besar kepada ayah, mungkin tuhan lebih sayang ayah saya. Sebelum beliau menunaikan ibadah Haji, tuhan memanggil ayah saya untuk meninggalkan dunia dan munghuni surga. Jujur waktu itu saya sangat terpukul akan kejadian ini, namun saya merasa tidak boleh berlarut-larut jatuh dalam kesedihan. Saya harus segera bangkit dan menggantikan mimpi ayah yaitu menunaikan ibadah Haji.

Permasalahan yang Saya Hadapi Ketika Ingin Menunaikan Ibadah Haji

Sumber : Gambar Pribadi, 2020
Sumber : Gambar Pribadi, 2020

Saya berusaha untuk menyisihkan uang sedikit-sedikit dengan harapan menjadi terkumpul dengan jumlah yang banyak. Namun yang namanya anak muda, ternyata uang yang coba saya sisihkan selalu terpakai untuk kepentingan yang lain. Ironis sekali menghadapi permasalahan ini, sungguh rasanya sangat menderita, kenapa sangat sulit sekali mengumpulkan uang untuk Haji.

Saya sampai merasa putus asa, namun alhamdulillah ternyata Allah SWT membantu saya mengatasi permasalahan ini. Atas izin Allah SWT, saya menemukan solusi untuk bisa berangkat Haji sedini mungkin. Jujur berkat adanya kolaborasi antara Bank Danamon Syariah dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), saya menjadi yakin bisa mewujudkan cita-cita untuk Haji Muda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun