Mohon tunggu...
Alto RefaChandra
Alto RefaChandra Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Penulis

Saat ini saya masih menjadi mahasiswa Universitas Brawijaya, selain kuliah saya memiliki kesibukan lain yaitu mendaki gunung dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Terima Kasih Tri, Berkat Perdana Tri Saya Bisa Lulus Perguruan Tinggi

6 Juni 2020   20:26 Diperbarui: 6 Juni 2020   20:22 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak baik rasanya ketika langsung bercerita tentang suatu pengalaman, tanpa terlebih dahulu menunjukkan latar belakang dari pencerita. Perkenalkan nama saya Alto Refa Chandra, saya saat ini merupakan lulusan Perguruan Tinggi Universitas Brawijaya dengan Program Studi Manajemen. Saya baru lulus sekitar satu bulan yang lalu, bisa dikatakan bahwa saya lulus melalui jalur online atau bahasa trennya saat ini lulus jalur Covid-19. 

Saya yakin banyak orang yang merasa iri dengan diri saya, orang-orang memiliki persepsi seperti ini "enak ya bisa lulus karena Covid-19, pengen deh rasanya lulus karena Covid-19". Kenapa saya bisa mengatakan seperti ini ? karena saya mengalami sendiri sering kali mendengarkan curahan hati teman-teman yang merasa iri kepada saya. Saya ingin sekali membalikkan argumen mereka, tapi menurut saya keadaannya masih sangat tidak mendukung dan pastinya akan kalah dalam segi suara.

Maka waktu itu saya memutuskan untuk mengalah saja dengan argumen mereka semua. Namun dengan adanya Blog Competition yang diadakan oleh Kompasiana dan Tri, saya merasa sudah waktunya untuk menunjukkan kepada mereka bahwa argumennya adalah salah. Sungguh kalau boleh jujur saya harus berterimakasih sebesar-besarnya kepada Kompasiana dan Tri karena memberikan wadah untuk bercerita tentang perjuangan bisa lulus Perguruan Tinggi ditengah adanya pandemi.

Awal cerita, saya ajak kalian semua untuk bernostalgia kembali ke tiga bulan yang lalu yaitu pada awal bulan Maret. Cerita dimana semuanya harus berubah, aktivitas yang seharusnya dilakukan secara offline berubah menjadi online. Penyebab utama perubahan segala aktivitas karena ada masyarakat Indonesia yang sudah terpapar oleh virus Corona. Kehidupan yang sebelumnya terasa baik-baik saja, seketika berubah menjadi banyak yang menderita dan merasa ketakutan. Harus diakui bahwa semua elemen profesi terkena dampak dari adanya Covid-19.

Pertanyaannya apakah saya merasa menderita dan ketakutan ? saya hanyalah manusia biasa yang pastinya memiliki penderitaan dan ketakutan yang sama dengan orang lain. Ketakutan saya adalah pada keselamatan nyawa dan perkembangan skripsi saya. Saya takut sekali bahwa penyusunan skripsi akan terhenti akibat adanya pandemi. Lalu saya merasa sangat takut tidak dapat menggapai mimpi untuk membahagiakan orang tua yang sudah berharap anaknya menjadi seorang Sarjana.

Beberapa hari saya merasa depresi, bohong sekali kalau awal menghadapi permasalahan pandemi ini tidak merasa depresi. Namun perlahan-lahan saya mulai berfikir untuk mencari solusi ditengah permasalahan ini. Saya mulai memiliki keyakinan untuk terus maju dan tidak pernah untuk menyerah menyelesaikan skripsi. Saya yakin semua permasalahan pasti akan ada jalan keluar, tergantung diri ini mau atau tidak untuk selalu berusaha. Saya benar-benar yakin akan lulus Perguruan Tinggi meskipun hanya dari rumah aja.

#Kalahkanjarak Untuk Tetap Menghubungi Dosen Pembimbing

Sumber:www.melinweb.com,2016
Sumber:www.melinweb.com,2016

Langkah pertama saya pastinya adalah menghubungi Dosen Pembimbing, dengan Tri saya lebih mudah untuk menghubungi siapapun dan dimanapun. Tri membantu saya untuk #KalahkanJarak, tidak peduli saya berada di Kabupaten Kediri dan Dosen Pembimbing di Kota Malang, kami tetap bisa terhubung untuk selalu berkomunikasi.

Beruntungnya ketika saya menghubungi Dosen Pembimbing untuk membahas tentang perkembangan skripsi. Dosen Pembimbing mendukung sepenuhnya untuk saya menyelesaikan penulisan skripsi, beliau berharap saya dapat menyelesaikan skripsi yang sebelumnya terhenti di Bab tiga.

Mencari Referensi Dengan Menggunakan Tri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun