Mohon tunggu...
Abdul Latip
Abdul Latip Mohon Tunggu... Pembelajar

|#PendidikanTanpaAngka | Master of Science Education | Kontak : alatip0212@gmail.com | Literasi I Edukasi I

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

3 Kunci Inovasi Kurikulum Pendidikan

14 Oktober 2019   14:39 Diperbarui: 15 Oktober 2019   16:15 0 4 1 Mohon Tunggu...
3 Kunci Inovasi Kurikulum Pendidikan
Ilustrasi Kurikulum 2013| Sumber: Kompas

Perkembangan teknologi dan informasi dengan segala problematikanya menuntut semua sektor untuk melakukan inovasi dengan cepat, tidak terkecuali pada sektor pendidikan.

Dewasa ini, persoalan dan tantangan untuk sektor pendidikan semakin tampak nyata. Menurut Prof. Udin Su'ud dalam bukunya yang berjudul Inovasi Pendidikan memaparkan terdapat beberapa persoalan dan tantangan sektor pendidikan yang menuntut adanya inovasi.

Persoalan dan tantangan yang menuntut adanya inovasi dalam sektor pendidikan tersebut yaitu, pertama bertambahnya jumlah penduduk yang sangat cepat sekaligus bertambahnya keinginan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan.

Kedua, Berkembangnya ilmu pengetahuan yang semakin modern menuntut dasar-dasar pendidikan yang kokoh dan peningkatan kemampuan dan menuntut konsep pendidikan yang lama sesuai dengan konsep pendidikan yang kekinian.

Ketiga, perkembangan teknologi yang mempermudah manusia dalam menguasai dan memanfaatkan alam dan lingkungan.

Ketiga persoalan dan tantangan tersebut perlu disikapi dengan sebuah inovasi agar keberjalanan sistem pendidikan bisa lebih efektif dan efisien, serta dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Inovasi pendidikan sendiri meliputi inovasi beberapa aspek pendidikan, diantaranya inovasi dalam bidang kurikulum. Perkembangan dan perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia dapat dikatakan sangat dinamis, bahkan tidak jarang ada narasi yang terlontar dari masyarakat yang mengatakan "ganti menteri, ganti kurikulum".

Perubahan kurikulum yang sangat dinamis ini memang sah-sah saja selama perubahan tersebut akan membawa pada kemajuan pendidikan di Indonesia. Selain itu, perubahan kurikulum juga pastinya ada landasan dan sudah banyak dipertimbangkan oleh para ahli. 

Namun demikian, perubahan kurikulum ini jangan hanya sekadar perubahan dokumen, tanpa menyentuh esensi dalam tataran pelaksanaan di lapangan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka diperlukan usaha dan kerja keras dari semua pihak, agar inovasi kurikulum pendidikan ini dapat memberikan dampak kemajuan bagi pendidikan di Indonesia. 

Setidaknya ada tiga kunci inovasi pendidikan dalam bidang kurikulum yang perlu diperhatikan agar inovasi dapat terlaksana dengan baik. Kunci inovasi bidang kurikulum tersebut sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x