Mohon tunggu...
Abdul Latip
Abdul Latip Mohon Tunggu... Dosen - Pembelajar

|#PendidikanTanpaAngka | Literasi Sains | Literasi I Edukasi I Kontak : alatip0212@gmail.com | https://scholar.google.com/citations?user=yu5V5v4AAAAJ&hl=en&authuser=4 |

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Selamat Datang Pemimpin Baru, Inilah Tantangan Program Sektor Pendidikan di Jawa barat

5 September 2018   15:55 Diperbarui: 5 September 2018   15:56 481 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selamat Datang Pemimpin Baru, Inilah Tantangan Program Sektor Pendidikan di Jawa barat
sumber : detik.com

Rabu, 5 September 2018 Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih yaitu M Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum resmi dilantik oleh Presiden RI di Istana Negara sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Kang Emil dan kang Uu sapaan akrab keduanya, akan menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat untuk masa bakti 2018-2023.

Sejumlah program pastinya sudah disiapkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk mengemban amanah dan melayani masyarakat Jawa Barat dalam 5 Tahun kedepan. Kang Emil dan Kang Uu dalam kampanyenya membawa tagline Jabar Juara Lahir Batin sebagai harapan dan cita-cita yang akan diperjuangkan lewat berbagai program kerja.

Seluruh warga Jawa Barat pastinya menaruh harapan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk bisa memberikan juara lahir batin pada semua sektor, termasuk pendidikan.

Dalam kampanyenya Kang Emil dan Kang Uu menyampaikan akan memberikan prioritas untuk sektor pendidikan, terutama dalam akses pendidikan untuk semua kalangan. Dalam debat yang pernah dilakukan, kang Emil pernah berkata "Yang terpenting adalah pendidikan bisa didapatkan oleh seluruh warga Jawa Barat," (https://www.idntimes.com)

Lebih lanjut, Kang Uu pun memberikan prioritas pada sektor pendidikan, hal tersebut pernah diungkapkan Kang Uu ketika menghadiri kelulusan salah satu SMK di Bandung. Beliau mengatakan "Pendidikan skala prioritas kedua setelah peningkatan iman dan takwa," (https://www.republika.co.id)

Kedua pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Kang Emil dan Kang Uu akan memberikan perhatian khusus untuk sektor pendidikan. Program unggulan dalam sektor pendidikan yang akan direalisasikan pasangan terpilih ini antara lain Sekolah Juara, SMK Juara dan Pendidikan Tinggi Juara.

Dalam kampanye programnya, pasangan ini akan memanfaatkan teknologi untuk mendukung inovasi yang akan diwujudkan lewat 'kelas pintar', yaitu ruang kelas yang dilengkapi teknologi dan mampu menyelenggarakan kelas jarak jauh agar bisa mengembangkan pendidikan untuk semua kalangan.

Untuk jenjang SMK, Kang Emil dan Kang Uu akan mendorong pengembangan dan revitalisasi SMK dengan cara menjadikan potensi lokal daerah sebagai bahan kajian di SMK daerah setempat, hal tersebut diharapkan mampu mengembangakan perekonomian lokal daerah tersebut.

Program untuk jenjang pendidikan tinggi, Kang Emil dan Kang Uu beerharap perguruan tinggi bisa menjadi pusat inovasi yang mampu bekerja sama dengan berbagai sektor lain. Selain itu, dalam programnya juga, Kang Emil dan Kang Uu akan mendorong agar setiap kota dan kabupaten memiliki perguruan tinggi.

Pada hal lainnya, pasangan yang dikenal dengan sapaan RINDU ini juga akan menaruh perhatian pada peningkatan kesejahteraan praktisi pendidikan dengan memberikan tunjangan berbasis kinerja kepada guru baik yang berstatus ASN maupun honorer. (https://daerah.sindonews.com).

Beberapa point porgram tersebut merupakan langkah yang akan dilakukan Kang Emil dan Kang Uu untuk menghadirkan jabar juara lahir batin pada sektor pendidikan. Program-program tersebut pastinya akan menjadi harapan bagi semua warga Jawa Barat mulai dari anak-anak, para orang tua, khususnya para praktsi pendidikan seperti Guru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan