Mohon tunggu...
Sayyid Jumianto
Sayyid Jumianto Mohon Tunggu... menulis untuk perubahan, bila tidak bisa membaca tulisanku disini mampir di bloggku https://jogjakiri.blogspot.com/

Menulis adalah memulai suatu perubahan https://jogjakiri.blogspot.com/ Alsayyid jumianto

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Makanan Sehat untuk Menjaga Berat Badan Selama Ramadan Kuncinya Jangan Ganti Menu!

23 April 2021   05:15 Diperbarui: 23 April 2021   05:30 189 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Makanan Sehat untuk Menjaga Berat Badan Selama Ramadan Kuncinya Jangan Ganti Menu!
dok,pri

Makanan Sehat untuk menjaga Berat Badan selama Ramadan kuncinya jangan ganti menu !

Sayyid Jumianto

Ramadan sudah menginjak hari ke sebelas jumat ini tantangan bagi kita untuk lebih semangat dan kuat dan mencai asupan gizi yang ita perlukan puasa ramadan tahun ini kita harus benar-benar bisa memilah dan mencari makanan yang baik dan toyyibah bagi kita serta kelaurga kita.

Ramadan bisa jadi pemicu badan kita lebih sehat dan baik tetapi bisa jadi karena kita salah memilih bahan makanan dan asupan gizi maka badan menjadi tidak sehat dan malah sakit dan kenaikan berat badan karena pola makan dan istirahat kita yang terlalu panjang ( makan dan tidur hampir bersamaan) maka jangan kaget bila tiba-tiba kok aku gemuk ya, kok puasa malah tambah tembem dan kok rasannya ngantuk di tempat kerja.

Keluhan itu saya dengar di rumah juga di tempat kerja saya karena satu yang mereka dan saya tidak sadari ternyata effek dari ganti menu makan dan minum kita!. Saya baru tahu ternyata efeknya langsung pada  tubuh kita, juga terlalu banyaknya dan berdekatannya makan dan minum kita dalam satu waktu perhari puasa.

Lihatlah cari timbangan badan kita lalu cari tahu di sepuluh hari terakhir ini kita makan dan minuman apa serta bagaimana pola tidur kita karena alasan WFH dan WFO  bisa jadi membuat tubuh kita membengkak tanpa kita sadari karena WFH dan WFO di masa pandemi ini juga mempengaruhi mood kita gembira atau susah bisa jadi membuat kita tidak kotrol diri waktu berbuka puasa apa-apa masuk perut itulah yang tanpa kita sadari dan rencanakan matang berbalik pada diri kita sendiri akhirnya.

Bila kita fokus pada satu makanan dan minuman tertentu waktu belum puasa dan saat puaa berubah untuk yang lebih enak karena godaan makanan-makanan yang  di jajakan pada waktu bulan puasa inilah pemicu yang namanya " genti menu" awalnya mencoba dan malah  kita menjadi tergantung daripada masak dan membuat lebih baik membeli dan bukan saja ada perubahan pola makan juga bisa jadi itu mengubah kantong kita juga.

Membuat variasi menu memang baik tetapi apakah kita harus menyesuaikan diri pada makanan baru yang tidak biasa kita makan karena tuntutan  perubahan variasi pola makan dan minuman di bulan ramadan ini? Pertanyaan yang tidak bisa di hindari oleh kita selama bulan ramadan ini dan sebaik-baiknya makanan untuk buka puasa maupun sahurnya sebaiknya tetap seperti biasanya dan di buat sendiri sesuai kondisi asupan bag kita.

Kunci supaya tetap sehat dan bisa menjaga berat badan selama bulan puasa ini adalah:

a. Tetap berolah raga

Bulan pausa kita tidak harus patah arang tetaplah berolah raga untuk menjaga kebugaran tubuh kita minimal jalan-jalan di pagi hari setelah subuh jangan olah raga yang berat-berat karena  bisa jadi nanti kita kehilangan energi tubuh dan mengantuk di tempat kerja selanjutnya.

b. Perbanyak sayur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN