Mohon tunggu...
Alpin Hidayat
Alpin Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas Palangka Raya

saya adalah mahasiswa jurusan Manajemen di Universitas Palangka Raya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kebijakan Moneter dan Pasar Terbuka

2 Desember 2022   21:29 Diperbarui: 2 Desember 2022   21:41 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kebijakan moneter dan pasar adalah keputusan pemerintah tentang berapa banyak uang yang akan dicetak dan bagaimana menggunakannya untuk mempengaruhi perekonomian. Ini dilakukan agar membantu suatu bisnis dan orang-orang untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan, dan menjaga harga tetap stabil. Kebijakan ini dibuat agar uang yang tersedia di Indonesia tetap stabil. 

Pemerintah menetapkan tingkat bunga pinjaman yang bisa diperoleh bank komersial dari bank sentral. 

Tingkat ini disebut Tingkat Diskonto. 

Operasi Pasar Terbuka adalah jenis kebijakan moneter yang sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk mengontrol jumlah uang dalam perekonomian. 

 Rasio giro wajib adalah peraturan yang mempengaruhi berapa banyak bank harus menyimpan cadangan. Ini berarti bahwa bank dapat meminjamkan lebih banyak uang daripada deposito. Orang perlu makan untuk tetap sehat

Bank Sentral mencoba untuk mengontrol jumlah uang yang beredar dengan membuat keputusan tentang apa yang akan dibelanjakan. Untuk menjaga agar uang tetap stabil, pemerintah perlu mengendalikan inflasi. Dengan cara ini, daya beli masyarakat tetap konstan, dan perekonomian dapat terus tumbuh dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pemerintah Indonesia menggunakan kebijakan moneter untuk membantu menjaga stabilitas ekonomi. Ini berarti bank sentral dapat membuat keputusan tentang berapa banyak uang yang akan dibuat, dan ini memengaruhi harga barang-barang dalam perekonomian. 

Dalam pelajaran ini, kita akan belajar tentang berbagai peran yang dimainkan oleh kebijakan moneter di pasar, dan bagaimana peran ini berhubungan satu sama lain. Kita juga akan melihat bagaimana kebijakan moneter digunakan dalam operasi pasar, seperti pasar terbuka. 

Bank sentral menggunakan operasi pasar terbuka untuk mengontrol jumlah uang yang beredar dengan menjual dan membeli sekuritas di pasar modal. Kebijakan moneter pasar terbuka adalah cara mengendalikan jumlah uang beredar dengan membiarkan orang membeli dan menjual uang dari satu sama lain. Ini membantu merangsang ekonomi dengan mendorong orang untuk berdagang barang dan jasa. Ini juga membantu mengendalikan inflasi, yang dapat membuat harga naik seiring waktu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun