Mohon tunggu...
Alphonso Capone
Alphonso Capone Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger

Menulis konten seputar kripto dan blockchain

Selanjutnya

Tutup

Financial

Mengenal Apa Itu Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

1 Agustus 2022   17:59 Diperbarui: 1 Agustus 2022   18:13 114 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saat ini makin bertambah jumlah orang yang merasa perlu memiliki suatu perlindungan diri melalui asuransi jiwa atau life insurance. Ini merupakan produk asuransi yang akan menjamin tertanggung dari kerugian secara finansial akibat terjadinya suatu hal yang tidak terduga. Contohnya kecelakaan yang menyebabkan cacat total ataupun meninggal dunia.

Life insurance bertujuan untuk melindungi kondisi finansial setelah tertanggung mengalami suatu tertentu yang menyebabkannya meninggal dunia. Jika tertanggung adalah tulang punggung keluarga maka kondisi finansial keluarga bisa terganggu akibat hilangnya penghasilan. Disinilah fungsi life insurance berperan agar kondisi finansial keluarga dapat terjamin dan terlindungi.

Manfaat Asuransi Jiwa

Life insurance memberikan manfaat finansial sekaligus juga investasi kepada Anda. Inilah beberapa manfaat dari asuransi tersebut:

1. Perlindungan Finansial untuk Ahli Waris

Sebagai pemegang polis dan tertanggung pada asuransi jiwa secara tidak langsung Anda sedang memberikan perlindungan finansial kepada keluarga. Perusahaan asuransi akan membayarkan uang pertanggungan dan santunan jika tertanggung meninggal dunia dan jumlahnya tidak sedikit. Uang tersebut dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga atau ahli waris sepeninggal tertanggung.

2. Sebagai Biaya Kematian

Ketika tertanggung meninggal dunia tentu saja keluarga harus membiayai pemakamannya. Bagi sebagian orang biaya pengurusan jenazah, pemakaman hingga mengurus administrasinya bukanlah jumlah yang sedikit. Dengan adanya life insurance biaya kematian tersebut dapat dipenuhi melalui uang santunan yang diberikan sehingga keluarga tidak perlu bingung.

3. Manfaat Perlindungan pada Penyakit Kritis

Beberapa produk life insurance juga memberikan manfaat tambahan yaitu perlindungan terhadap penyakit kritis. Contoh penyakit kritis yang cukup sering diderita masyarakat misalnya stroke, tekanan darah tinggi, kanker, jantung dan sebagainya. Sehingga ketika suatu saat Anda harus dirawat karena menderita penyakit kritis maka tidak perlu lagi pusing memikirkan biayanya.

4. Dana Pensiun

Manfaat lain dari life insurance adalah sebagai dana tabungan pensiun ketika Anda sudah tidak bekerja lagi. Jika hingga masa berlakunya polis ternyata Anda belum pernah melakukan klaim uang Anda tidak akan hilang. Perusahaan asuransi akan tetap membayarkan uang pertanggungan sebesar atau malah lebih dari premi yang telah Anda berikan selama ini. Uang tersebut dapat Anda pergunakan untuk membiayai keluarga setelah Anda pensiun dari pekerjaan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan