Mohon tunggu...
Aloisius Johnsis
Aloisius Johnsis Mohon Tunggu... Penulis yang mengubah rasa menjadi cerita.

Manusia yang senang bercerita, setia untuk menghidupi keyakinannya dan berusaha keras untuk mewujudkan impiannya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kita Saling Jaga dan Lewati Masa ini Bersama-sama

21 Maret 2020   10:34 Diperbarui: 21 Maret 2020   10:47 12 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kita Saling Jaga dan Lewati Masa ini Bersama-sama
https://unsplash.com/

Dunia hari ini sedang diguncang, oleh virus baru yang bernama Novel Coronavirus (Covid-19) yang telah menginfeksi lebih dari 250 ribu jiwa, dan masih terus bertambah. Indonesia pun terkena dampaknya, lebih dari 350 orang sudah terinfeksi, tidak kurang dari 25 orang meninggal dunia, dan puluhan orang dalam pengawasan serius.

Pemerintah, tenaga medis, media, dan para pegiat layanan sosial bekerja siang malam mengingatkan masyarakat untuk #jagajaraksejenak. Ada yang mengeluh karena kantor yang belum meliburkan, ada yang tidak tahu diri dengan bepergian keluar seakan-akan memanfaatkan waktu liburnya. Padahal sudah ditegaskan dengan sangat jelas untuk belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah pun dari rumah.

Rumah-rumah ibadah pun sejak akhir minggu ini sudah mulai ditutup, beribadah dari rumah benar-benar dilakukan. Kita seakan-akan sedang menonton film soal wabah, yang sayangnya terjadi di dunia nyata.

Sekolah dipastikan libur. Perkantoran pun menyusun strategi untuk menjaga kesehatan karyawannya. Ada yang diliburkan, ada yang mengurangi jam kerja, ada juga yang menjalankan sistem shifting, bekerja dengan saling bergantian.

Apa yang bisa kita lakukan? Banyak!

Pertama-tama adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Cuci tangan sesering mungkin, apalagi sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Ikuti aturan yang benar bagaimana mencuci tangan yang baik. Olahraga dan makan makanan bergizi juga menjadi pilihan utama yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Terapkan social distancing, menjaga jarak minimal 1 meter, mari kita #jagajaraksejenak, sekalipun itu dengan keluarga, teman, atapun pacar. Tahan dulu rindu, tahan dulu keinginan untuk bertemu. Ingat ini bukan hanya untuk kita, tapi juga mereka.

Bagi yang memiliki rejeki lebih, bantulah teman-teman atau mereka yang membutuhkan, tidak ada jumlah yang besar atau kecil, yang ada adalah mau bantu atau tidak. Hari ini banyak sekali penggalangan dana yang menerima nominal berapa pun, bahkan 10 ribu rupiah.

Untuk kamu yang mendapatkan libur, isi waktumu dengan bekerja dan belajar dari rumah. Manfaatkan itu dengan baik, ingatlah ada banyak orang yang tidak mendapatkan kesempatan itu.

Untuk kamu yang masih harus bekerja, jangan bersedih. Kamu juga harus tetap sehat! Jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. kamu adalah pahlawan untuk mereka yang ada di rumah. 

Pada akhirnya memang tidak ada yang tahu, apa yang akan terjadi di depan sana. Pada akhirnya juga tidak ada jaminan kita tidak menjadi pasien Covid-19 selanjutnya. Tetapi apapun yang terjadi, yakinlah dengan segala usaha yang ada, kita lengkapi semua yang telah dilakukan dengan saling menjaga, saling menjadi pendoa, untuk melewati masa ini bersama-sama, sebagai warga Indonesia, dan juga sebagai warga dunia.

Mari #jagajaraksejenak.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x