Kesehatan

Mari Kenali Profesi Refraksionis Optision

7 Oktober 2017   14:08 Diperbarui: 7 Oktober 2017   14:55 667 0 0

Mendengar kata "Refraksi Optisi" membuat beberapa orang di masyarakat kita bertanya-bertanya "Apa sih refraksi optisi itu?". Bahkan beberapa dari rekan saya bertanya "Ngapain sih kuliah refraksi optisi? Apa sih pekerjaan refraksi optisi?" dan berbagai pertanyaan-pertanyaan lainnya. Sebagai seorang yang berkecimpung di bidang tersebut saya akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi.

Refraksi optisi adalah sebuah bidang cabang fisika yang mempelajari ilmu berkaitan dengan kesehatan mata. Seseorang yang bekerja dibidang ini disebut "Refraksionis Optisien/Optometris". Refraksionis Optisien sangat berperan dalam berdirinya sebuah optik, sebab dia yang memutuskan layak atau tidaknya sebuah optik didirikan.

Bidang ini biasanya bersinergi dengan ahli-ahli lain yang relevan seperti spesialis mata, perawat mata, dll. Adapun wewenang bidang refraksi optisi ini adalah melakukan pemeriksaan dasar dan refraksi, menentukan hasil pemeriksaan, menyiapkan serta membuat lensa kacamata. Seorang refraksionis optisien memiliki kompetensi dalam pelayanan refraksi (pembiasan penglihatan), optisi (kekacamataan), dan lensa kontak (contact lens). Refraksi optisi merupakan pelaksana pelayanan, penata laksana dan penyuluh bidang pemeliharaan penglihatan.

Realitanya, bidang ini masih sangat langka oleh sebab itu ia banyak dibutuhkan. Refraksionis optision di Indonesia baru mencapai sekitar 8.507 orang. Bayangkan saja seberapa banyak optik di seluruh Indonesia, namun hanya beberapa yang memiliki tenaga refraksionis optision sedangkan di Indonesia ditegakkan sanksi dicabutnya izin sebuah optik yang tidak menggunakan tenaga refraksionis optision. Sebuah optik harus memiliki minimal satu orang tenaga refraksionis optision.

Saat ini, pemerintah membuka program DIII jurusan refraksi optisi di beberapa sekolah tinggi kesehatan di Indonesia sebagai peluang pekerjaan bagi para pengangguran. Alni (07/10/17)