Mohon tunggu...
ilmin
ilmin Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perhatian Orang Tua Terhadap Anak Secara Khusus

15 Februari 2017   14:22 Diperbarui: 15 Februari 2017   17:35 2527 0 0 Mohon Tunggu...

Kesadaran jiwa orang tua untuk mempedulikan anaknya, terutama dalam memberikan dan memenuhi kebutuhan anaknya baik dalam segi emosi maupun mate. orang tua berperan sebagai pembentukan karakter pada anak.  Oleh karena itu keluarga tempat pertama kali anak anak berkenalan dengan norma dan nilai. Walaupun di keluarga tidak ada rumusan kurikulum dan program resmi dalam kegiatan pembelajaran , tapi sifatnya di dalam keluarga sangat potensial dan mendasar. 

BENTUK PERHATIAN ORANG TUA

  • Memberi bimbingan belajar : Bimbingan belajar adalah seseorang membantu pada orang lain untuk menentukan pilihan dan memecahkan masalah dalam kehidupan.
  • Memberi nasihat : Bentuk lain dari perhatian orang tua kepada anak adalah nasiat. Menasihati anak berarti memberi saran-saran untuk memecahkan masalah, dengan dasar pengetahuan, pengalaman, dan pikiran sehat.
  • Memberi motivasi dan penghargaan : Memberi motivasi  merupakan memberikan dorongan yang menunjukan perilaku tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Maka orang tua perlu memberikan motivasi dan penghargaan kepada anak agar tercapai cita-citanya.
  • Memenuhi kebutuhanMemenuhi kebutuhan belajar sangat penting bagi anak. Karena akan mempermudah untuk belajar dengan baik. Tersedianya fasilitas dan kebutuhan belajar yang memadai akan berdampak positif dalam aktifitas belajar anak,  sebaliknya  anak-anak yang tidak terpenuhi akan memiliki kurang semangat untuk belajar.
  • Pengawasan khusus kepada anak : Pengawasan orang tua khusus orang tua bukanlah pengekangan kepada anak untuk bermain, bersenang tapi lebih di tekankan pada pengawasan anak yang bebas dan tanggung jawab. Dengan begitu orang tua dapat membenarkan sesuatunya  hingga akhirnya anak dapat meraih hasil belajar yang maksimal.

VIDEO PILIHAN