Mohon tunggu...
Kang Mizan
Kang Mizan Mohon Tunggu... Pensiunan Peneliti Utama Kementerian Keuangan R.I

Pensiunan Peneliti Utama Kementerian Keuangan R.I.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Mimpi Meraih Gelar Luar Negeri Tinggal Selangkah Lagi

4 Juli 2020   12:02 Diperbarui: 4 Juli 2020   12:00 63 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mimpi Meraih Gelar Luar Negeri Tinggal Selangkah Lagi
Ilustrasi Era Tech 4.0. Sumber gambar: Pixabay

Mimpi Kuliah di Luar Negeri

Ketika saya di SMA dulu, duulu sekali, kuliah di luar negeri adalah mimpi. Mimpi yang segera dibuang jauh-jauh ketika datang dan datang kembali. . Kenapa?

Biayanya yang aduhai mahal sekali. Tidak cukup seratus dua ratus juta rupiah. Perlu uang dalam hitungan miliar rupiah.

Disrupsi tech 4.0 merubah semuanya. Kampus modern yang canggih mulai dari yang ada di Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Australia, New Zealand, hingga Amerika Serikat hadir secara virtual di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Mereka menawarkan gelar mulai dari Associate Degree (D2), Bechelor Degree (S1), Master Degree (S2), hingga PhD Degree (Doktor)dengan jaminan kualitas yang sama dengan kuliah on campus. Lebih sexy lagi biaya kuliah sangat murah yang kurang dari 10 persen dari biaya kuliah di universitas offline.

Massive Open Online Course (MOOC)

Heba Ledwon tayang artikel dengan judul 55 Legit Master's Degrees You Can Now Earn Completely Online, tayang di Class Central.com, 31 Mei 2020. Menurut Ledwon, universitas Georgia Tech, Amerika Serikat, adalah yang pertama menawarkan gelar Master of Science in Computer Science (OMSCS) dengan pembelajaran 100 persen online. Itu dilakukannya di tahun 2013. Jejak Georgia Tech ini, masih menurut Ledwon, kemudian diikuti oleh Illinois University di tahun 2015 dengan menawarkan gelar MBA yang juga 100 persen online. Ledwon kemudian menambahkan bahwa di tahun 2017 setidak-tidaknya ada sembilan Master Degree yang ditawarkan pada platforms MOOC ini. 

Lebih seru lagi, masih menurut Ledwon, pada mid 2020, tidak kurang dari 55 gelar sarjana yang dapat diperoleh secara 100 persen online. Ini tentunya sebagai dampak langsung dari Pandemi Covid-19 yang mewabahi seluruh dunia, hampir mungkin, termasuk Amerika Serikat dan Indonesia. 

Bidang Keilmuan dari 55 Gelar Master tersebut disajikan dibawah ini. Selanjutnya, disajikan daftar universitas yang menawarkan gelar dengan metode pembelajaran 100 persen online tersebut. Ini masih bersumber dari tulisan Ledwon diatas.

55 Legit Master’s Degrees

  • Computer Science and Engineering Master’s Degrees
  • Business and Management Master’s Degrees
  • Data Science and Analytics Master’s Degrees
  • Cyber Security, IT Management, and Technology Management Master’s Degrees
  • Public Health, Healthcare, and Public Sector Management Master’s Degrees
    Bachelor’s Degrees

Universitas

  • Georgia Tech; University of Illinois; Univrsity of Texas
  • Arizona State University; University of Pennsylvania
  • University of Colorado; La Universidad de los Andes (Colombia)
  • Purdue University; Deakin University (Australia)

Georgia Tech, Illinois, dan lain-lain itu adalah universitas konvensional atau universitas offline yang sesuai dengan disrupsi tech 4.0 mulai menawarkan berbagai gelar sarjana secara online. Ada, penulis yakin, banyak sekali universitas lain yang sejak berdirinya sudah menerapkan pembelajaran 100 persen online. Dua diantaranya adalah University of the People (UoPeople), California, Amerika Serikat dan Seoul Digital University (SDU).

Seoul Digital University, Korea Selatan

Seoul Digital University (SDU) yang mulai beroperasi di tahun 2000 mengusung filosofi  "Berjuang mengejar yang terbaik di era teknologi informasi" (Striving for excellence in the era of information technology).  Dari awal SDU dimaksudkan sebagai perguruan tinggi yang seluruh kegiatan operasionalnya berbasis teknologi informasi khususnya teknologi internetSDU terakreditasi oleh Akreditasi Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Pemerintah Korsel  tahun 2011. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x