Mohon tunggu...
Kang Mizan
Kang Mizan Mohon Tunggu... Pensiunan Peneliti Utama Kementerian Keuangan R.I

Pensiunan Peneliti Utama Kementerian Keuangan R.I.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Malaysia Krisis Regenerasi Pemimpin

29 Februari 2020   19:55 Diperbarui: 2 Maret 2020   16:52 227 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Malaysia Krisis Regenerasi Pemimpin
Tan Sri Muhyiddin Mohamad Yassin, PM Malaysia  akan dilantik besok pagi 1 Maret 2020 

Krisis politik di negeri jiran, Malaysia, kelihatannya segera akan berakhir. Spekulasi antara Trio Mahathir, Anwar, dan Azmin yang akan menjadi Perdana Menteri baru Malaysia setelah pengunduran diri Mr. M, panggilan akrab, Doktor Mahathir Mohamad, yang mengundurkan diri pada 24 Februari yang lalu berakhir sekitar jam 3.30 sore tadi.

Namun, terjadi kejutan besar. Yang mendapat restu dari Agong sapaan akrab dari Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah bukan salah satu dari the Trio tersebut. Raja Abdullah menunjuk Muhyiddin Yassin sebagai perdana menteri baru Malaysia. Palantikan Muhyiddin sebagai Perdana menteri Malaysia ke 8 akan dilangsungkan besok, Minggu, 1 Maret 2020, jam 10.30 pagi di Istana Negara Malaysia.

Menurut jubir kerajaan Federasi Malaysia, Shamsuddin, keputusan raja Abdullah Agong diambil setelah sebelumnya bertemu dengan Mahathir Mohamad selama 90 menit. Shamsuddin juga mengatakan bahwa Agong setelah pertemuan dengan Mr. M juga mengadakan rapat konsultasi dengan Anwar Ibrahim beserta isterinya Wan Azizah yang saat ini selain menjadi anggota parlemen Malaysia masing-masing adalah Ketua dan Wakil Ketua Partai Keadilan Rakyat (PKR). 

Kelihatannya akhirnya Agong dapat diyakinkan bahwa Tan Sri Muhyiddin Yassin dapat menghimpun dukungan mayoritas anggota parlemen Malaysia yaitu minimal 112 dari 222 seluruh anggota parlemen negara anggota Persemakmuran Inggris Raya ini. Keputusan raja Abdullah itu sesuai dengan Pasal 40(2)(a) dan 43(2)(a) Undang-Undang Federal Malaysia. 

Muhyiddin Yassin Keturunan Bugis Jawa

Menurut Wikipedia Bahasa IndonesiaMuhyiddin bernama dan gelar kerajaan lengkap Tan Sri Muhyiddin Mohd Yassin. Beliau lahir di Muar, Johor, Malaysia, 15 Mei 1947 (73 tahun). Sang ayahenda pengganti Mr. M ini keturunan Bugis dan ibunya keturunan Jawa. Masih menurut Wikipedia ini, Muhyiddin adalah  Wakil Presiden UMNO dan menjabat sebagai Menteri Pertanian dan Industri Asas Tani pada Kabinet Najib Razak. 

Jabatan Menteri Pertanian terpaksa dilepas oleh Muhyiddin karena dia dianggap terlalu vokal mengkritisi Najib Razak dalam skandal 1MDB (One Malaysia Development Berhad). Muhyiddin diberhentikan dari jabatannya tersebut pada Juli 2015.

Sesudah berada di luar pemerintahan, Muhyiddin bergabung dengan Mahathir membentuk Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) atau lebih dikenal dengan sebutan Bersatu sebelum pemilihan umum 2018. Pakatan Harapan tempat Bersatu bernaung, koalisi partai oposisi melawan UMNO, pimpinan Mr. M berhasil memenangkan Pemilu Malaysia 2018 itu dan Muhyiddin diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Kesehatan Muhyiddin

Namun mirisnya, riwayat kesehatan orang keturunan Bugis Jawa ini tidak begitu menggembirakan. Dikabarkan bahwa tak lama setelah bergabung di dalam kabinet, Muhyiddin didiagnosa mengidap tumor stadium awal dan dilarikan ke Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura. Saat ini meski telah dinyatakan sembuh, tetapi sosok yang segera menjadi orang nomor satu Malaysia besok pagi ini masih rutin mengunjungi Singapura untuk berobat.

Pendidikan yang tidak begitu tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x