Mohon tunggu...
puspalmira
puspalmira Mohon Tunggu... Freelancer - A wild mathematician

Invisible and invincible IG: almirassanti

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

"Ji hu", Penganan Sedap Bak Aktor Drama Korea

3 Februari 2019   22:39 Diperbarui: 8 Februari 2019   23:37 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Melihat prosesnya dahulu, meniru kemudian.

Kembali lagi dengan kuliner khas Situbondo! Kali ini saya akan memperkenalkan camilan sedap yang baru saya kenali saat pulang kampung dalam rangka liburan tahun baru 2019 yang belum lama berlalu. Suatu hari di masa liburan itu, ibu saya membawa seplastik makanan, sejenis batagor tapi kok tidak ada bumbunya. Saya pun bertanya, "apa ini?"

"Ji hu," jawab ibu saya.

"Hah?" saya masih belum yakin. "Ji hu," jawab ibu saya lagi. Ini pentol atau apa sih, kayak batagor gini loh. Namanya apa pula, nama aktor drama korea dipake segala. Pada percobaan pertama itu, saya coba makan pakai kecap karena saya rasa terlau kering. Setelah berkutat dan mengamati rasa-rasa pada makanan kecil ini, saya baru menemukan faktanya.

"Ji hu: Kanji-tahu." 

Dyengggggggg!!!! Ternyata jihu adalah singkatan dari kanji dan tahu. Beberapa hari setelahnya, saya diajak untuk membeli langsung dari pembuatnya. Kuylah, biar nggak penasaran. (kuy=yuk, dari budaya bahasa arek Malang yang susunan katanya dibolak-balik)

Main masak-masakan tapi masak beneran
Main masak-masakan tapi masak beneran
Bahan dasar penganan unik Situbondo ini memang tahu dan kanji yang dibuat seperti tahu bakso. Membuatnya pun mudah saja. Saya bisa mendapatkan tahu masin, yaitu tahu yang sudah digoreng, dari 'melijo' (penjual sayur keliling) di dekat rumah. 

Saya tidak tahu berapa harganya di daerah kota, tapi di Situbondo saya membelinya dengan harga 2 ribu rupiah untuk 10 potong tahu. 

Selain tahu, kita juga harus menyiapkan adonan kanjinya. Bahannya cukup tepung kanji, sedikit tepung terigu, garam, dan lada atau bumbu lain sesuai selera. Saya sih suka kalau ditambah daun bawang. 

Kalau yang dijual di pinggir-pinggir jalan, bumbunya cukup garam dan penyedap. Oh ya, tepung terigunya cukup sedikit saja agar adonan tidak terlalu lembek dan kenyal sempurna.

Selanjutnya, aduk saja adonan tepung tadi bersama sedikit air lalu masukkan ke dalam daging tahu yang sudah kita belah salah satu sisinya. Tahu yang sudah berisi kanji ini perlu dikukus sebentar. Setelah dingin dan kenyal, kanji-tahu ini dipotong kecil-kecil menjadi  beberapa bagian.

Asisten pribadi. Para pembeli jangan khawatir, yang sudah disentuh-sentuh tidak akan diberikan pada pembeli yang terhormat.
Asisten pribadi. Para pembeli jangan khawatir, yang sudah disentuh-sentuh tidak akan diberikan pada pembeli yang terhormat.
Saat pembeli datang, potongan-potongan tahu tadi digoreng kembali sembari menunggu sang koki menyiapkan bumbu pamungkasnya. Ternyata, cita rasa sedap-sedap gurih itu hanya berasal dari bawang putih dan cabai yang siapapun pasti bisa membuatnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun