puspalmira
puspalmira Mohon Tunggu... Freelancer - A wild mathematician

Invisible and invincible IG: almirassanti

Jelajah Tahura Djuanda Part 2, "Tersasar Berbonus Pemandangan Apik"

12 Januari 2019   00:31 Diperbarui: 12 Januari 2019   00:37 240

Keluar dari mulut Gua Belanda, saya lanjut berjalan menanjak. Setelah bermenit-menit yang cukup membuat ngos-ngosan, saya dan kawan saja berhenti sejenak untuk memulihkan nafas dan menyantap kudapan yang kami bawa. Kami menumpang duduk di sebuah warung yang berdiri di pojok persimpangan jalan.

"Kalo yang kiri ke penangkaran rusa, yang kanan ke curug (air terjun)" jawab ibu pemilik warung ketika ditanya oleh pengunjung yang lewat. Saya tidak tahu mana jalur yang benar karena tidak ada petunjuk arah lagi. Sebelah kanan adalah jalur utama sedangkan sebelah kiri adalah jalan yang lebih kecil dan menyeberangi sungai.

Antre menunggu pengunjung lain berfoto ria. Dokpri
"Kata bapak-bapak yang di gua tadi, curugnya cuma keliatan dari jembatan, nggak bisa disamperin." kata Bening, kawan kuliah yang menemani saya sejak kemarin. Tapi kata ibuk warungnya curug kok ke atas (jalur kanan) ya?

"Ya udah, kita ngintip ke tengah jembatan dulu aja yuk. Habis itu balik lagi, lanjut ke atas." ajak saya. Namun berada di zaman milenial seperti yang kita hadapi sekarang, jembatan itu dipenuhi pengunjung yang antre berfoto ria.

"Duh, males nungguin orang foto. Langsung naik aja yuk." alhasil kami tidak mengintip pemandangan apa yang bisa didapat dari jembatan itu. Palingan juga sungai ama pohon-pohon, pikir saya.

Trek 3: Penangkaran Rusa

Hanya satu papan kecil yang kami temui, menunjukkan arah ke penangkaran rusa. Kami belok kiri mengikuti petunjuk tadi sembari bertanya-tanya, wah berarti curug Koleang sudah kelewatan ya. Ya, sepertinya memang begitu. Ternyata, rute menuju penangkaran rusa ini memutar kembali ke arah tempat kami berangkat. Sudah kepalang tanggung, kami ikuti saja rute itu meskipun nanti harus berbalik arah lagi.

Pengunjung mencoba memberi makan rusa-rusa di penangkaran. Dokpri
Setelah berjalan melewati jembatan, sungai, pintu air, hingga bekas PLTA, sampailah kami di penangkaran. Satu pikiran terlintas di benak saya, kondisinya memprihatinkan. Entah kenapa, rusa-rusa itu berkumpul di tanah yang becek padahal wilayah penangkaran itu sangat luas dan kering (begonya saya kenapa nggak nanyain ke petugasnya ya. Kan bisa dapat banyak informasi).

Badannya sangat kotor oleh tanah basah. Berulang kali kepalanya bergidik dan menoleh untuk mengusir lalat dan nyamuk yang begitu naksir mendekat pada tubuh kurusnya yang gundul. Beberapa rusa tidak berhenti menggigil dan gemetaran, tidak tahu apa sebabnya. Bahkan, ada pula tubuh-tubuh yang berdarah tergores luka. Saya tidak tahu apa yang membuat rusa-rusa ini berada pada kondisi seperti itu. Semoga mereka mendapatkan perawatan yang baik di penangkaran Tahura ini.

Sekelompok rusa yang 'memelas'. Dokpri,
Trek 3: Batu Batik dan Curug Lalay

Dari penangkaran rusa, kami kembali ke persimpangan jalan tempat kami menemukan petunjuk arah menuju penangkaran, Kami kembali melewati jalur utama yang menanjak ke atas. Hanya berjarak 200 meter, kami menemukan tangga turun yang mengarah pada Batu Batik. Mengintip ketinggiannya yang lumayan tinggi dan curam, kami memutuskan untuk melewatkan spot yang satu ini, Turunnya sih enak, gak kuat bayangin naiknya nanti. Untuk menghibur diri, saya berusaha mengira-ngira seperti apa bentuknya dan berhasil membayangkan sesuatu. Mungkin di sana ada batu gede. Terus jamur dan kerak-kerak di permukaan batunya membentuk motif batik.