Mohon tunggu...
Almas Taqiyya
Almas Taqiyya Mohon Tunggu... https://medium.com/@almas.taqiyya

Seorang mahasiswi yang tengah menggeluti bidang jurnalistik. Menyukai buku bacaan genre apapun serta punya imajinasi yang tinggi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Psikologi dan Marketing Ala Kpop: Idola dan Penggemar Memang Saling Membutuhkan

22 November 2020   10:46 Diperbarui: 22 November 2020   10:53 92 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Psikologi dan Marketing Ala Kpop: Idola dan Penggemar Memang Saling Membutuhkan
Boy group asal Korea Selatan, BTS (Sumber: ara.cat)

Dunia gemerlap idola Korea Selatan memang tiada habisnya untuk ditelaah. Kalau diumpamakan sebagai bawang, tiap lapisan dunia Kpop (Korean Pop) bisa dikupas satu-satu dengan tampilan sisi yang berbeda satu sama lain.

Korea Selatan memang sudah jauh-jauh waktu gencar melakukan difusi budaya ke seluruh penjuru dunia lewat berbagai taktik. Tengok saja sejumlah stasiun penyiaran Korea Selatan yang membuka 'cabang' di negara lain dan melakukan akulturasi budaya dengan negara tempatnya menaruh 'cabang'. 

Kini, budaya Korea Selatan dapat diterima dengan baik, bahkan seakan sudah menjadi bagian hidup oleh segelintir kelompok masyarakat.

Menjamurnya budaya Korea Selatan, khususnya Kpop ke seluruh dunia dapat menjadi parameter bahwa Negeri Ginseng itu berhasil mengiklankan budayanya dengan baik.  Lagu-lagu berbahasa Korea seakan menjadi konsumsi wajib pecinta boy group dan girl group Korea Selatan. 

Sejumlah lagunya pun ada yang berhasil tembus music chart internasional, mengindikasikan bahwa musik Kpop didengarkan banyak orang. Belum lagi, beberapa grup Kpop juga sudah terkenal mancanegara dengan penggemar skala internasional.

Namun ternyata, tidak seluruh boy group ataupun girl group dari Korea Selatan mempunyai pencapaian yang sama. Beberapa sukses membangun nama baik dalam hitungan tahun, beberapa membutuhkan waktu yang lebih lama, beberapa ada yang bubar walau baru seumur jagung.

Lantas, apa faktor yang menentukan keberhasilan suatu grup Kpop?  

Chart sebagai Parameter

Membicarakan kesuksesan, salah satu parameter kuantitatif apakah lagu Kpop sukses di pasaran adalah chart atau tangga lagu. Semakin tinggi sebuah lagu bertengger di chart, maka bisa dipastikan lagu itu banyak didengar oleh orang dari seluruh penjuru dunia.

Dewasa ini, banyak musik grup Kpop yang berhasil menduduki chart internasional bergengsi seperti Billboard atau Worldwide iTunes Song Chart. Sebut saja grup Kpop BTS yang berhasil menduduki peringkat pertama pada chart Billboard Hot100, begitu pula grup Blackpink dengan peringkat pertamanya pada Billboard Artist 100 Chart.

Andaikan kita bekerja sebagai promotor budaya Korea Selatan, mungkin kita bisa menghela napas puas sejenak dan berpikir, 'hah, untung Kpop sudah terkenal dimana-mana. Pekerjaanku sudah selesai sampai disini'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN