Mohon tunggu...
Almadina Puspita
Almadina Puspita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Lullaby

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Penerbitan Mempunyai 3M yang Saling Berhubungan?

19 September 2021   13:02 Diperbarui: 19 September 2021   13:03 103 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penerbitan Mempunyai 3M yang Saling Berhubungan?
Sumber: pixabay

Pada hari Kamis kemarin di kelas dasar-dasar penerbitan, Pak Bambang Trim selaku dosen menugaskan para mahasiswanya untuk memberikan opini tentang hubungan 3M (membaca, menulis, dan menyunting) saya merasa terhormat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh beliau yang merupakan salah satu penulis dan editor hebat Indonesia.

Apa membaca, menulis dan menyunting itu saling berhubungan?
Menurut saya, iya. Menulis punya beberapa makna, sedari taman kanak-kanak sampai sekolah dasar kita semua sudah ajarkan bagaimana cara menulis. Bertahap dari menulis huruf, kata, kalimat, hingga membentuk sebuah paragraf. Namun, itu hanya kemampuan dasar yang harus kita punya.

Menulis dalam artian lain menurut saya adalah kegiatan yang dilakukan untuk membuat suatu catatan dengan menuangkan gagasan, ide, imajinasi dan pendapat melalui sebuah tulisan.

Oleh karena itu saya berpikir bahwa orang yang gemar membaca belum tentu gemar menulis, namun orang yang gemar menulis pasti gemar membaca. 

Karena untuk bisa handal dalam menulis itu perlu teori dan praktek, dimana kita berteori melalui bacaan, dan mempraktikkan melalui tulisan, dan juga ide-ide serta informasi yang kita cari untuk bahan penulisan pun bisa di dapatkan dengan membaca jurnal atau artikel apapun yang berkaitan dengan tema tulisan yang ingin kita buat.

Lalu apa hubungannya dengan menyunting?
Setahu saya, masih banyak sekali orang mampu membaca dan menulis yang tidak tahu cara menyunting. Ya, mereka hanya sekedar membaca dan menulis tanpa mengetahui struktur kalimat, ejaan, tanda baca, serta keefektifan kalimat yang benar. Hal itu membuat membaca dan menulis berkaitan pula dengan menyunting.

Ketidaktahuan seseorang terhadap penyuntingan membuat suatu bacaan maupun tulisan menjadi tidak berbobot. Kenapa? Dikarenakan saat seseorang yang tidak paham akan penyuntingan membaca, mereka tidak akan tahu apakah struktur tulisan yang dibaca sudah benar atau masih salah. 

Begitu pula saat menulis, orang yang tidak paham akan penyuntingan hanya akan sekedar menulis tanpa memperhatikan keidealan suatu kalimat yang bisa memberikan nilai ke dalam setiap kalimat yang mereka tulis.

Oleh karena itu, membaca, menulis serta menyunting adalah tiga hal yang saling berkaitan dan harus dikuasai untuk membuat suatu karya tulis yang baik dan benar, sehingga layak untuk disebarluaskan dan dibaca oleh banyak orang.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan