Mohon tunggu...
Pendidikan

Siapkah Indonesia Menaikkan Industrinya dengan Teknologi "Virtual Reality" dan "Augmented Reality"?

19 Juli 2018   00:34 Diperbarui: 19 Juli 2018   00:48 1408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama: Alma Fitria Rahma

Nim: 1600030197

Teknologi adalah sarana untuk menciptakan alat yang tentunya memiliki beragam macam proses untuk mengolahnya serta memiliki fungsi yang cukup berguna dan bermanfaat untuk permasalahan dan pengetahuan kehidupan manusia sehari -- hari. Penerapan teknologi tentunya bisa diterapkan dimana saja seperti berada di tempat kerja, sekolah, tempat wisata dan kapan saja seperti keperluan untuk berkomunikasi, transportasi dan hal lainnya.

Teknologi jadi sarana pendukung atau penunjang untuk menaikkan atau memasarkan bisnis sebuah perusahaan seperti memberikan pelayanan untuk pelanggan produk-produk yang mereka ciptakan , untuk menaikkan keunggulan yang cukup kompetitif banyak perusahaan yang menggunkan teknologi yang cukup canggih. Faktor-faktor yang disebutkan tadilah yang menjadi penyebab kenapa teknologi itu menjadi sifat yang cukup dinamis, teknologi setiap waktunya harus memiliki sesuatu yang harus di upgrade.

Teknologi zaman sekarang ini telah menjadi kebutuhan banyak orang yang berasal dari berbagai golongan masyarakat. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang dan semakin mendunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi baru dan penemuan baru yang sederhana hingga ke penemuan yang berada di tingkat yang sangat rumit. Zaman sekarang kemajuan negara sebenarnya dinilai dari seberapa jauh tingkat kemajuan teknologi dan ilmu di negara tersebut.

Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality merupakan teknologi canggih yang akhir-akhir ini cukup menyita perhatian masyarakat dunia termasuk masyarakat Indonesia. Masyarakat saat ini sudah mulai mengetahui teknologi tersebut namun tidak begitu mengetahui terlalu dalam, mereka hanya mengetahuinya secara singkat yaitu teknologi yang memadukan dunia nyata dan dunia virtual atau maya.

Pengertian dari Virtual Reality adalah teknologi yang membuat pengguna merasa terbawa ke lingkungan di dunia nyata yang ditiru dan diaplikasikan ke komputer, sedangkan Augmented Reality adalah teknologi baru yang mana indikatornya terdiri benda maya yang berbentuk dua atau tiga dimensi. 

Perbedaan dari kedua teknologi ini cukup kelihatan jelas yaitu Virtual Reality sendiri teknologi yang membuat penggunanya benar-benar putus kontaknya atau interaksinya dengan dunia nyata karena hanya berfokus pada lingkungan yang ada di dunia maya tersebut, sedangkan Augmented Reality yang berarti Realitas Tambahan berbentuk perpaduan sebagian benda dunia maya ke dunia nyata dan cukup mudah untuk di lakukan.

Produk-produk hasil ciptaan teknologi tersebut salah satunya adalah Virtual Reality dengan Samsung Gear VR dan sebagai sarana untuk dalam bidang game yang berfungsi menambah imajinasi pengguna, sedangkan Augmented Reality sendiri dulunya sudah sempat menarik minat Indonesia sehingga tidak hanya berada di tingkat ketertarikan atau perhatian saja melainkan sudah menjadi pengguna saat itu. Hal tersebut tidak lain adalah salah satu game dari karaket anime jepang yaitu Pokemon Go.

Game ini sempat menarik banyak ketertarikan dan minat dari masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai macam kalangan terutama anak-anak dan remaja untuk mencoba game tersebut, yang mana pengguna bisa berburu karakter monster yang ada di Pokemon dengan karakter monster tersebut telah di aplikasikan ke dunia nyata keberadaannya.

Game ini dulu sempat menjadi viral di Indonesia, apalagi konsumennya yang kebanyakan anak-anak dan remaja tentunya sangat merasa senang dan asik karena karakter Pokemon yang biasa mereka lihat di kartun bisa dijadikan game dengan cara diburu yang mana membuat pengguna berkeliling di daerah sekitar lingkungan rumah atau sekitar mereka serta ditambah lagi karakter animal yang ada di Pokemon Go tersebut bisa di aplikasi kan di lokasi-lokasi yang berada di dunia nyata. Eksistensi game ini bermula sejak 2-3 tahun yang lalu, namun semenjak tahun 2017 lalu game Pokemon Go ini turun eksistensinya di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun