Mohon tunggu...
Allycia Diaz Maharani
Allycia Diaz Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Brawijaya

Be yourself

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Membangkitkan Eksistensi UMKM sebagai Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi

27 November 2021   13:00 Diperbarui: 27 November 2021   13:07 28 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

MEMBANGKITKAN EKSISTENSI UMKM SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI DALAM PEMULIHAN EKONOMI INDONESIA SAAT PANDEMI 

Oleh:

Dianita Lestari

Allycia Diaz Maharani

dianitalestari018@gmail.com

allyciadiaz0411@student.ub.ac.id

Universitas Brawijaya

Abstrak: Kurangnya eksistensi dari keberadaan UMKM di masa pandemi kurang  membantu kondisi perekonomian Indonesia yang sedang mengalami penurunan. Tujuan ditulisnya artikel ini adalah untuk mengedukasi pembaca bahwa UMKM sangat penting untuk mengetahui kondisi perekonomian di Indonesia yang menurun karena adanya pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian konseptual, dengan cara memaksimalkan peran penting pemerintah dan melakukan digitalisasi pada UMKM. Peran pemerintah serta penerapan digitalisasi UMKM diyakini mampu untuk menjaga masyarakat Indonesia tetap sejahtera.

Kata kunci: pandemi covid-19,UMKM, pemerintah, digitalisasi UMKM

Pandemi Covid-19 telah mengancam perekonomian Indonesia terutama keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dalam masa transisi, segala kegiatan menjadi terbatas dan harus dilakukan melalui Work From Home (WFH). UMKM banyak yang tidak siap dalam mengahadapi masa peralihan ini, terkhusus dalam sistem penjualan yang berubah dari luring menjadi daring. Sektor UMKM dalam masa transisi merasakan menurunnya konsumsi dan daya beli masyarakat terhadap usaha UMKM, dimana ditengah kondisi pandemi ini masyarakat cenderung menggunakan e-commerce untuk mengurangi interaksi antar sesama.

Menurut Kemenkop UKM, UMKM yang terdampak sangat serius akibat pandemi ini ditandai dengan 56% terjadinya penurunan penjualan (Utami, 2021). Berdasarkan data diatas dapat kita lihat seberapa banyak pelaku usaha UMKM yang saat ini mengalami keterpurukan akibat keterbatasan ruang dan gerak  yang terjadi selama pandemi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan