Mohon tunggu...
Ali Shodikin
Ali Shodikin Mohon Tunggu... Belajar

Grinting ngangeni

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Rider Afrika Selatan Membuat Sejarah di MotoGP

9 Agustus 2020   22:23 Diperbarui: 9 Agustus 2020   22:25 27 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rider Afrika Selatan Membuat Sejarah di MotoGP
Brad Binder, sang juara GP Brno Ceko. Dok: IG gpracingindonesia

GP Brno Ceko yang baru saja berlangsung beberapa jam lalu membuat para penonton dilayar kaca berdecak kagum, bagaimana tidak, diluar dugaan dan prediksi seri ketiga perhelatan balapan para raja lintasan kali ini ternyata dimenangkan oleh rider asal Afrika Selatan yang menunggangi motor pabrikan asal negeri tetangga Republik Ceko yaitu Austria.

Hasil MotoGP Brno. Dok: IG gpracingindonesia
Hasil MotoGP Brno. Dok: IG gpracingindonesia

Brad Binder yang mengendarai motor KTM berhasil menjadi juara pada MotoGP disusul Franky Morbidelli dan Johan Zarco. Zarco yang strat dari posisi terdepan tidak bisa mempertahankan posisinya sejak start dimulai. Posisinya langsung diambil oleh Morbidelli yang menunggangi motor Yamaha.

Binder merupakan rookie di MotoGP musim ini, ia membalap dengan sempurna bersama motornya sehingga tak ayal ia pun dapat dengan mudah meraih kemenangan setelah beberapa lap dengan sabar membuntuti Morbidelli di posisi pertama. Kemenangan ini adalah yang perdana bagi KTM sejak bergabung di MotoGP 2016 silam.

Naas bagi rekan setim Binder, Pole Espargaro yang harus pupus harapan menyentuh garis finish karena motornya tersenggol Zarco sehingga ia terjatuh dan tidak dapat melanjutkan balapan.

Binder juga mencatatkan namanya sebagai pembalap Afrika Selatan pertama yang dapat menenangkan balapan di kelas utama MotoGP. Hebatnya lagi ia berhasil menang dengan motor yang masih dalam tahap pengembangan, tidak ada yang menyangka KTM dapat meraih kemenangan di seri kali ini.

Ia hanya butuh 3 balapan untuk bisa meraih kemenangan, dan ia menjadi pembalap pertama yang meraih kemenangan di musim perdananya di MotoGP setelah Marc Marquez tahun 2013 di GP Austin, Amerika.

Kemenangan ini juga membuat untuk kali pertamanya lagu kebangsaan Afrika Selatan berkumandang di podium MotoGP.

Binder kini berada di posisi kelima klasemen sementara dengan raihan 28 poin, dibawah Andrea Dovizioso yang berada di posisi keempat dengan 31 poin.

VIDEO PILIHAN