Mohon tunggu...
Ali Shodikin
Ali Shodikin Mohon Tunggu... Belajar

Grinting ngangeni

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Jangan Terlalu Nyaman dengan yang Halus

20 Maret 2020   20:22 Diperbarui: 20 Maret 2020   20:47 14 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Terlalu Nyaman dengan yang Halus
kondisi ban yang sudah halus | dokpri

Nikmatnya menggunakan sepeda motor kadang membuat kita lupa akan kondisi kendaraan yang kita pakai. Maka, jangan bosan-bosannya kita selalu mengecek kondisi sepeda motor dari depan sampai belakang, atas maupun bawah. Ini demi keselamatan kita dalam berkendara.

Salah satunya adalah ban. Ban memegang peranan penting dalam keamanan dan kenyamanan bagi kita selaku pengendara.
Kondisi ban yang sudah halus pasti akan berpengaruh pada performa kendaraan. Belum lagi kalau ban halus juga rawan bocor, mudah kempes, akhirnya kita bolak balik ngisi angin.

Ke bengkel dulu ganti ban | dokpri
Ke bengkel dulu ganti ban | dokpri
Apalagi di musim penghujan kaya sekarang, pasti sangat berbahaya karena akan mudah slip dan licin saat digunakan. Makanya kita jangan terlalu nyaman dengan kondisi ban yang sudah halus, tidak lagi nampak ukiran pada permukaan ban. Segeralah ganti untuk menghindari berbagai kemungkinan yang tidak kita inginkan. Ya pada intinya untuk keselamatan dan kenyamanan kita juga dalam berkendara.

Siap menemanj perjalanan yang nyaman | dokpri
Siap menemanj perjalanan yang nyaman | dokpri
Dalam mengganti ban juga perlu memperhatikan merk. Jangan asal atau sekedar ganti ban sepeda motor. Kita bisa tanya kepada montir merk ban yang bagus, awet dan nyaman untuk digunakan. Ada harga ada rupa, yah namanya juga barang dagangan.

Cara berkendara kita juga mempengaruhi cepat lambatnya keausan ban, seperti sering mengerem secara mendadak, terlalu sering membawa beban berat, menghindari lubang secara tiba-tiba, dll. Maka kita juga perlu memperhatikan dan menjaga cara berkendara yang baik. Agar usia ban bisa awet tidak cepat halus atau hilang coraknya.

VIDEO PILIHAN