Mohon tunggu...
Ali Shodikin
Ali Shodikin Mohon Tunggu... Belajar

Grinting ngangeni

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mari Lebih Bijak Menggunakan Lampu Jauh/Tembak

18 Maret 2020   20:38 Diperbarui: 18 Maret 2020   20:39 31 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mari Lebih Bijak Menggunakan Lampu Jauh/Tembak
Berkendara di malam hari | dokpri

Berkendara di jalanan sudah barang tentu tidak lepas dari sesama pengguna jalan lain yang sama-sama dengan berbagai keperluan baik pribadi maupun kepentingan lain. Secara tidak langsung kita juga melakukan kontak dengan orang lain meskipun tanpa disadari. 

Maka dari itu, dalam berkendara kita tidak sepatutnya menggunakan apa-apa yang ada di kita dengan seenaknya sendiri sesuai keinginan kita bahkan kebutuhan kita. Tetap harus menghargai sesama pengguna jalan lainnya.

Seperti halnya penggunaan lampu jauh/tembak. Ini tidak bisa sembarang waktu atau tempat kita gunakan semau kita. Kita harus bijak dalam menggunakannya supaya tidak menggangu sesama pengguna jalan khususnya saat malam hari.

Mungkin kalau waktu siang penggunaan lampu jauh/tembak tidak begitu mengganggu pengguna jalan yang berpapasan dengan kita, namun ketika malam hari jelas ini sangat menggangu, bahkan dapat berakibat fatal.

Tombol lampu jauh dan pendek pada sepeda motor | dokpri
Tombol lampu jauh dan pendek pada sepeda motor | dokpri
Maka, walaupun itu keperluan kita, tetep kita harus tahu bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan tepat, supaya tidak berdampak negatif bagi orang lain.

Lampu jauh biasanya tepat kita gunakan di area jalan yang sepi, dimana kita membutuhkan ruang pandang yang jauh pula. Meski tidak berpapasan, menggunakan lampu jauh juga dapat menganggu pengguna jalan searah yang ada di depan kita, karena cahaya yang memantul dari kaca spion.

Maka, marilah kita lebih bijak dalam menggunakan lampu jauh/tembak dalam berkendara, demi keselamatan dan kenyamanan sesama pengguna jalan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x