Mohon tunggu...
Allan Ramadhan
Allan Ramadhan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

I hope can go to Japan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Awal Mula Munculnya Ekonomi Kreatif dan Realisasinya di Indonesia

16 November 2020   17:54 Diperbarui: 16 November 2020   18:08 2702
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekonomi adalah kegiatan yang berhubungan dengan proses produksi, distribusi dan konsumsi. Di suatu negara ekonomi merupakan hal yang sangat vital dan menjadi tiang dalam kegiatan yang ada pada sebuah negara. Melihat kemajuan zaman yang semakin pesat serta banyak tekonologi yang berkembang. Berbagai sektor yang ada di dunia pun ikut berkembang. Sektor ekonomi ini pun ikut berkembang menjadi suatu ekonomi yang kreatif dan inovatif.

Menurut John Howkins ekonomi kreatif didefinisikan sebagai the creation of value as a result of idea yang mana merupakan kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal -- hal yang rutin dan berulang karena bagi masyarakat ini, menghasilkan ide merupakan hal yang harus dilakukan untuk kemajuan. 

Lalu , menurut Departement of Culture, Media, and Sport (DCMS) ekonomi kreatif didefinisikan sebagai industri yang bersumber pada kreativitas, keterampilan dan bakat individu, dan yang memiliki potensi kekayaan dan penciptaan lapangan kerja melalui pembangkitan dan eksploitasi kekayaan intelektuan dan konten. Ekonomi kreatif adalah bentuk ekonomi di era baru ini dengan berbasis infomasi dan kreativitas. 

Sedangkan, menurut  United Nations Conference on Trade Development ekonomi kreatid diartikan sebagai konsep yang berkembang berdasarkan aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi yang menerapkan cara cara tertentu secara kreatif dan terampil dengan memanfaaatkan potensi yang ada. Ekonomi kreatif ini sendiri menuntut seseorang untuk lebih berkreasi dengan pemikirannya dengan melihat peluang usaha dan target pasar nya di masyarakat.

Awalnya ekonomi kreatif sendiri sudah banyak berkembang di negara-negara maju seperti Inggris dan Amerika. Lantas bagaimana ekonomi kreatif sendiri di Indonesia?

Di Indonesia sendiri ekonomi kreatif muncul pada era Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau meluncurkan studi pemetaan kontribusi industri kreatif pada Trade Expo Indonesia tahun 2007. Lalu pada tahun 2008 beliau juga melakukan peluncuran Cetak Biru Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Pada era Joko Widodo Indonesia juga membentuk Badan Ekonomi Kreatif yang bertugas untuk mengelola bidang ekonomi kreatif di Indonesia dan membantu presiden terkait kebijakan pada ekonomi kreatif.

Masyarakat Indonesia pun sudah menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman yang kian pesat serta pada era ekonomi kreatif seperti ini. Mereka berlomba-lomba dalam membuat produk yang menarik serta memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini terbukti lewat kretivitas dalam membuat kedai kopi kekinian yang sedang marak di Indonesia. Selain itu juga maraknya berbagai jenis produk mulai dari makanan, minuman, pakaian dan sebagainya yang sangat menarik dan sering dipromosikan pada media sosial seperti instagram, whatsapp, facebook dan sebagainya. Selain itu banyak lagi produk aplikasi seperi Go-Pay dan OVO yang merupakan hasil dari industri ekonomi kreatif ini. 

Go-Pay dan OVO sendiri berbasis teknologi yang memungkinkan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan tanpa harus ke bank atau bertemu dengan orang tertentu dengan hanya menggunakan aplikasi lalu mentransfer nya atau bahkan dapat membelanjakan nya untuk keperluan kehidupan sehari -  hari. 

Tentu nya hal ini sangat praktis dan efisien untuk era covid 19 seperti sekarang mengingat semua orang wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di masyarakat. Lewat dari berbagi produk yang dihasilkan tersebut dapat kita lihat betapa pentingnya peran teknologi dalam industri ekonomi kreatif itu sendiri. Mengingat teknologi yang sangat canggih dapat membantu dalam pengembangan ekonomi kreatif dan meningkatkan taraf hidup serta diharapkan dapat mengatasi pengangguran di Indonesia.

Kemajuan zaman yang sudah makin pesat menuntut banyak sektor untuk berkembang. Tidak hanya perkembangan terhapad teknologi. Namun, ekonomi pun dituntut untuk berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Di era digital seperti ini, memunculkan banyak ide kreatif untuk melakukan kegiatan ekonomi, yang tentunya memiliki daya jual yang tinggi. Masyarakat dituntut untuk berlomba-lomba mengerluarkan ide kreatif dan inovatif dalam persaingan di era ekonomi kreatif. 

Di Indonesia sendiri telah banyak produk daro hasil -- hasil ke kreativitasan. Mereka berlomba -- lomba membuat produk lalu memasarkannya lewat media -- media sosial yang mana sangat mudah , hemat biaya dan efisiens untuk digunakan sebagai media promosi produk -- produk mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun