Mohon tunggu...
Alkahfi Dahlan
Alkahfi Dahlan Mohon Tunggu... Environment enthusiast

70% opini 10% bacot 100% sustainable living

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Unicorn dari Laut

30 Juni 2020   10:00 Diperbarui: 30 Juni 2020   10:13 287 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Unicorn dari Laut
Unicornfish | wikipedia.org

Siapa penggemar genre fantasi? pasti sudah kenal dengan sosok kuda bertanduk ini, yup betul unicorn. Unicorn adalah hewan mitologi yang digambarkan sebagai kuda dengan tanduk tunggal berbentuk spiral di dahinya. Makhluk ini dikenal luas dalam kebudayaan eropa dan dijumpai dibanyak cerita rakyat. Unicorn melambangkan keanggunan dan kesucian. Tanduknya dikatakan memiliki kemampuan untuk menetralkan racun dan menyembuhkan penyakit.

Unicorn mungkin tidak nyata, tapi hewan laut bertanduk ini nyata. Berikut adalah empat hewan laut dengan tanduk tunggal menyerupai unicorn yang dilansir dari Oceana.

1. Unicornfish

Unicornfish | wikipedia.org
Unicornfish | wikipedia.org

Unicornfish merupakan sebutan bagi ikan yang berasal dari genus Naso. Kelompok ikan ini mendapatkan namanya dari tanduk atau "rostral protuberance" yang terbentuk saat ikan mencapai ukuran dewasa. Kelompok ikan pemakan alga ini hidup terutama di terumbu karang yang tersebar di perairan indo-pasifik, dari Afrika hingga Hawaii.

2. Red-Lipped Batfish

Red-Lipped Batfish | Pinterest
Red-Lipped Batfish | Pinterest

Red-lipped batfish atau Galapagos batfish (Ogcocephalus darwini) adalah ikan unik yang ditemukan di sekitar Kepulauan Galapagos dan Peru pada kedalaman 3 sampai 76 meter. Ikan ini memiliki beberapa keunikan seperti adanya tanduk, bibir berwarna merah cerah dan kemampuan untuk berjalan di dasar laut dengan siripnya.

3. Unicorn sole

Unicorn Sole | reeflex.net
Unicorn Sole | reeflex.net

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN