Mohon tunggu...
alkahfi trihaqi
alkahfi trihaqi Mohon Tunggu... .

saya alkahfi tri haqi, mahasiswa universitas muhammadiyah riau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dinamika dan Tantangan sebagai Dasar Negara

19 April 2021   23:20 Diperbarui: 20 April 2021   00:03 27 1 0 Mohon Tunggu...

Pancasila adalah dasar negara. Segala sesuatu harus bersumber dan sesuai dengan Pancasila. Pancasila memuat sumber dari segala hal. Karena Pancasila sebagai dasar negara, pancasila disebut juga sebagai pedoman bangsa.

Dinamika Pancasila

Kata dinamika bermakna kekuatan, penggerak dan semangat juang. Dinamika Pancasila berarti kekuatan dari dasar negara Indonesia. Pancasila berasal dari nilai - nilai luhur Indonesia , Pancasila terbentuk atas pengorbanan para pahlawan dahulu . Pancasila terbukti sebagai sumber kekuatan Indonesia, karena Pancasila telah mempersatukan , menyatukan , dan simbol semangat Indonesia. Pancasila memuat sila 1 - 5 yang menjadi pedoman Indonesia , pedoman ini lah yang di jabarkan menjadi berbagai hal. Hal ini membuktikan Pancasila merupakan dinamika dasar Indonesia.

Tantangan Pancasila 

Pancasila sebagai dasar negara mengalami banyak tantangan dari luar dan dalam . Pertama kali Pancasila berasal dari gagasan Mr. Muh. Yamin , Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo , setelah dirumuskan bersama lagi hasil keputusan Pancasila disahkan 18 Agustus 1945. Tantangan dari luar negeri akibat agresi militer Belanda , Pancasila terbukti berhasil kuat , dan memberikan rasa persatuan kepada Indonesia di awal kemerdekaan . Hingga pada masa orde lama hingga baru , Pancasila mendapat tantangan kembali dari dalam negeri , para penghianat negara yang mau menjatuhkan Pancasila berhasil ditumpas.

Contohnya , Kekejaman PKI , yang mau menggantikan Pancasila dengan ideologi komunis berhasil ditumpas oleh Soeharto , dan diperingatkan 30 September hari kesaktian Pancasila.

Ilham Hudi, S.Pd., M.Pd

VIDEO PILIHAN