Mohon tunggu...
Nyimas Aljaniah Zahra
Nyimas Aljaniah Zahra Mohon Tunggu... FMP KE Co9 UNHAN

Ketahanan Energi - Universitas Pertahanan

Selanjutnya

Tutup

Politik

PLBN Motaain Sebagai Pendukung Geostruktur dan Geoekonomi Indonesia

12 Oktober 2020   21:18 Diperbarui: 13 Oktober 2020   08:36 258 1 0 Mohon Tunggu...

Geopolitik, geoekonomi, dan geostrategi pada dasarnya meliputi strategis, politis, dan ekonomi suatu wilayah geografi yang mencakup lokasi, luas, dan sumberdaya alam wilayah tersebut. Terdapat unsur-unsur yang berhubungan secara timbal balik antara kondisi geografis, politik dan strategi serta ekonomi. Konsep geostrategi Indonesia didasarkan pada kondisi, metode atau cara dalam mengembangkan potensi kekuatan nasional yang ditujukan untuk pengamanan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan yang timbul serta untuk menjaga keutuhan kedaulatan negara Indonesia dalam pembangunan nasional. Secara geografis, geopolitik dan geoekonomi, Indonesia merupakan negara yang sangat strategis, berada di garis khatulistiwa, berdekatan dengan Singapura sebagai pintu perlintasan dunia. Luas wilayah Indonesia memiliki potensi ekonomi yang tinggi karena sama dengan setengah dari luas wilayah Asia Tenggara, termasuk wilayah maritim, hutan tropis, serta hasil tambang dan minyak bumi yang besar disamping memiliki penduduk yang banyak.

Perbatasan antar Negara adalah bagian dari penanda teritorial yang memisahkan Negara satu dengan Negara lain, yang dalam derajat tertentu dapat menjadi sumber konflik antar-Negara. Perbatasan antar Negara juga menjadi penegas bahwa berdaulat atau tidaknya sebuah Negara yang dapat tercermin dalam bagaimana pengelolaan pengamanan perbatasannya. Situasi tersebut mensyaratkan bahwa kesepakatan antara kedua negara atau lebih terkait dengan perbatasan menjadi penting bagi pengelolaan keamanan perbatasan masing-masing Negara. Secara garis besar terdapat dua hal penting sebagai pondasi bagi pengamanan perbatasan, yakni pembangunan daerah perbatasan dengan pendekatan kesejahteraan guna meningkatkan kehidupan masyarakat setempat dan pendekatan keamanan agar terciptanya stabilitas politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan sehingga memungkinkan terwujudnya keserasian hidup berdampingan secara damai. Penggunaan dua pendekatan tersebut menjadi landasan dari hakikat dan tujuan program-program pembangunan di wilayah perbatasan secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mendorong pengembangan pengelolaan zona pendukung perbatasan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) sebagai kawasan ekonomi dan industri. Kebijakan ini merupakan tindak lanjut keinginan Presiden Joko Widodo agar PLBN tidak hanya sebatas perlintasan orang dan barang tapi juga menjadi etalase dan sentra industri. PLBN Motaain (Perbatasan Indonesia-Timor Leste) di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin strategis karena tidak hanya sebagai pos lintas batas tetapi menjadi salah satu destinasi wisata. PLBN tersebut dimaksudkan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kawasan perbatasan untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan mendorong layanan sejumlah infrastruktur di wilayah yang terkenal dengan wisata pulau Komodonya dan sabana Fulan Fehan. Menurut Mahfud MD, kesejahteraan masyarakat wilayah terdepan Indonesia, menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional. Kawasan PLBN Motaain merupakan salah satu perbatasan yang masuk program percepatan pembangunan ekonomi. Mahfud MD yang juga sebagai dewan pengarah BNPP menjelaskan pentingnya menjaga keutuhan teritori, khususnya daerah-daerah terdepan. Presiden Jokowi, sambung Mahfud, memiliki perhatian khusus terhadap pembangunan daerah perbatasan. Selain membangun pertumbuhan ekonomi daerah perbatasan, menurut Mahfud, pemerintah telah memberikan perhatian khusus terkait kebutuhan sarana prasarana pertahanan dan keamanan. PLBN Motaain saat ini memiliki sarana dan prasarana yang memadai sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di perbatasan negara. PLBN telah dilengkapi dengan pasar PLBN, plaza, mess pegawai, Wisma Indonesia, terminal, dan sarana peribadatan. Diharapkan PLBN Motaain dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi masyarakat sekitar. Dengan sarana prasarana PLBN yang baik, khususnya kehadiran pasar di kawasan PLBN, diharapkan dapat semakin mempermudah komoditas dari Indonesia yang di ekspor ke negara tetangga. Selain itu, kebutuhan dasar masyarakat perbatasan akan terpenuhi secara kompetitif dari sisi kualitas maupun harga.

Didalam mengembangkan perbatasan di Motaain, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral secara khusus meminta supaya PLN menyiapkan listrik yang cukup, listrik yang berkelanjutan dan handal untuk masyarakat di daerah perbatasan antara Indonesa dan Timor Leste khususnya di pos-pos perbatasan salah satunya PLBN Motaain. Artinya PLN akan menjadi instansi utama yang bertanggung jawab menyediakan kelistrikan untuk pemerintah yang ada di PLBN tersebut dan masyarakat di sekitaran perbatasan, sehingga kemakmuran, kenyamanan hidup, fasilitas kehidupan bisa lebih disediakan untuk masyarakat agar bisa lebih berkembang. Dalam situasi Pandemi Covid 19 tidak menghalangi PLN untuk terus berbuat bagi masyarakat. PT PLN Persero Unit Induk Wilayah (UIW) NTT menyalakan listrik gratis di daerah perbatasan dengan Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) persisnya di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT sebanyak 89 KK dan di Desa Manamas, Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT sebanyak 66 KK.

Referensi:
Mulyono, Hari. 2017. "Geostrategi Indonesia dalam Dinamika Politik Global dan Regional". Jurnal Kajian LEMHANNAS RI, Edisi 29, Hal 19-30.
Muradi. 2015. "Pengelolaan Pengamanan Perbatasan Indonesia". Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol.1, No.1, Hal. 25-34.
Ramadhoni, E. A. 2020. Perkokoh Pertahanan Negara, Mahfud MD dan Tito Pantau Perbatasan Indonesia - Timor Leste. Diambil dari https://nasional.okezone.com/read/2020/06/18/337/2232226/perkokoh-pertahanan-negara-mahfud-md-dan-tito-pantau-perbatasan-indonesia-timor-leste
Yahya, A. N. 2020. PLBN Motaain Disiapkan Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi di Perbatasan. Diambil dari https://nasional.kompas.com/read/2020/06/19/10070321/plbn-motaain-disiapkan-jadi-pusat-pertumbuhan-ekonomi-di-perbatasan?page=all
Alex. 2020. Kisah Haru Warga Perbatasan Indonesia - Timor Leste Dapat Bantuan Listrik Gratis PLN. Diambil dari http://www.nttonlinenow.com/new-2016/2020/05/17/32978/

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x