Mohon tunggu...
Aliya rahmaniputri
Aliya rahmaniputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Tari Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa KKN TEMATIK UPI Semester 6

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menanamkan Pengetahuan Terkait Virus Corona Melalui Video Animasi kepada Anak Usia Dini

29 Juli 2021   11:36 Diperbarui: 29 Juli 2021   12:22 90 2 0 Mohon Tunggu...

Keterampilan abad 21 dalam proses pembelajaran salah satunya ialah dengan keterampilan  penggunaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Peran TIK ini dapat dijadikan sebagai alat atau sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. 

Tujuan Pendidikan abad 21 menurut KEMENDIKBUD ialah “ untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu masyarakat bangsa Indonesia yang sejahtera dan bahagia dengan kedudukan yang terhormat dan setara dengan bangsa lain dalam dunia global. 

Melalui pembentukan masyarakat  yang terdiri dari sumber daya manusia yang berkualitas yaitu pribadi yang mandiri, berkemauan dan berkemampuan untuk mewujudkan cita-cita bangsanya.”

Dengan seiring berjalannya waktu, penggunaan TIK sebagai proses dalam pembelajaran kini menjadi sebuah hal yang sangat penting dan media pembelajaran berbasis teknologi atau (daring) sudah digeluti oleh seluruh masyarakat karena situasi Pandemi Covid-19 yang tengah melanda seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia semenjak bulan Maret tahun 2020. 

Dengan adanya pandemi covid-19 ini pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas.

Edukasi masyarakat Indonesia sendiri terkait covid 19/ coronavirus ini masih sangatlah kurang terutama pada kalangan anak-anak yang berada di wilayah perkampungan. 

Hal itu dapat terlihat dari masih banyaknya anak-anak yang tidak menerapkan protokol kesehatan dan mengabaikan himbauan dari pemerintah yang menyebabkan pandemi ini masih berlangsung bahkan meluas dan merenggut banyak korban jiwa.

Ditambah virus-virus yang terus bermutasi menjadi berbagai macam varian diantaranya seperti varian Alpha, Beta, Delta dll. Oleh sebab itu pengetahuan seputar covid-19 ini merupakan sesuatu yang penting untuk ditanamkan kepada anak-anak sedini mungkin, agar anak-anak lebih teredukasi menjadi paham dan lebih berhati-hati.

Penanaman pada anak usia dini haruslah disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan bahasa yang mudah dipahami. 

Tentunya juga dengan memperhatikan keadaan dan situasi Pandemi yang mengharuskan melakukan pembelajaran dan  kegiatan pengedukasian jarak jauh.Maka dari itu sebagai salah satu mahasiswa peserta KKN UPI dan calon pendidik tentu kita harus memikirkan dan membuat cara yang efektif untuk mengedukasi anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Mengedukasi anak usia dini salah satunya dengan membuat Video animasi bisa menjadi cara yang efektif. Video tersebut menjelaskan tentang apa itu Corona virus, apa itu 5M, cara mencuci tangan yang benar dll. yang terkait tentang covid-19. 

Dengan video animasi yang dapat menarik perhatian anak untuk dapat menyimak dan paham apa itu virus corona. Selain menyimak tayangan video animasi, anak-anak juga diberikan tugas menggambar virus sesuai dengan imajinasi mereka masing-masing. 

Diharapkan dengan adanya pengedukasian ini  anak-anak bahkan masyarakat semakin melek informasi dan mengikuti anjuran/arahan dari pemerintah sehingga kita bisa bersama sama memutus rantai penyebaran corona virus ini dan Pandemi ini cepat berakhir.

Dokpri
Dokpri

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x