Mohon tunggu...
NURCHOLIS
NURCHOLIS Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger

Pendatang baru di kompasiana.com yang sedang mencari pengalaman dan bersemangat dalam membuat konten yang informatif, menarik, dan SEO-friendly. Sedang belajar menulis artikel beragam topik untuk blog dan website.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

7 Tips Olahraga untuk Pemula biar Gak Gampang Lemes

5 Juni 2024   19:40 Diperbarui: 5 Juni 2024   20:16 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aktifitas olahraga yang dilakukan bersama komunitas | Sumber gambar: unsplash.com/GabinVallet

Gaya hidup sehat lagi ngetrend? Senang banget dengarnya! Tapi, buat kamu yang masih pemula dalam dunia olahraga, mulai aktif berkeringat kayaknya seram ya? Tenang dulu! Mulai olahraga nggak perlu langsung angkat beban berat kok. Dengan langkah yang tepat, olahraga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan dan bikin kamu semakin semangat.

Yuk, simak 7 tips olahraga untuk pemula biar kamu bisa bergerak dengan percaya diri dan nggak gampang menyerah!


1. Kenali Kondisi Tubuhmu: Jangan Nekad!

Sebelum mulai olahraga, penting banget untuk mengenali kondisi tubuhmu. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang membutuhkan penyesuaian dalam berolahraga.

  • Usia: Semakin tua usia, semakin perlu hati-hati dalam memilih jenis olahraga. Olahraga berintensitas tinggi mungkin kurang cocok untuk orang tua. Jalan kaki, berenang, atau yoga bisa menjadi pilihan yang aman dan menyehatkan.
  • Riwayat Kesehatan: Jika memiliki riwayat penyakit tertentu seperti jantung, diabetes, atau tekanan darah tinggi, konsultasikan dengan dokter untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai dan aman dilakukan.


2. Pilih Olahraga yang Menyenangkan: Biar Nggak Cepat Bosan!

Olahraga harusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan dan dinantikan, bukan siksaan. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan minat dan kegemaranmu.

  • Suka Bergerak Bebas? Cobalah lari pagi, senam aerobik, atau bersepeda. Olahraga ini membuatmu bergerak bebas dan mengeluarkan keringat.
  • Lebih Senang Aktivitas Tenang? Yoga, pilates, atau tai chi bisa jadi pilihan. Olahraga ini berfokus pada peregangan dan pengendalian napas, cocok buat kamu yang suka aktivitas yang menenangkan.
  • Suka Olahraga Beregu? Main bulutangkis, basket, atau voli bersama teman bisa jadi pilihan yang menyenangkan. Olahraga beregu menghilangkan rasa bosan dan membangun semangat sportivitas.


3. Mulai Perlahan dan bertahap: Jangan Langsung Maraton!

Ingin cepat berhasil memang baik, tapi dalam olahraga, jangan langsung nebeng ikut maraton ya! Mulai dengan intensitas dan durasi yang ringan dulu, lalu tingkatkan secara perlahan dan bertahap.

  • Minggu Pertama: Mulailah dengan olahraga ringan selama 15-20 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu. Jalan kaki, berenang, atau senam pernafasan bisa jadi pilihan yang baik.
  • Minggu Kedua dan Ketiga: Tingkatkan intensitas atau durasi olahraga secara bertahap. Misalnya, bisa bertambah menjadi 20-30 menit sebanyak 4 kali dalam seminggu.
  • Minggu Keempat dan Selanjutnya: Kamu bisa mulai mencoba jenis olahraga yang lebih bervariasi dan meningkatkan intensitas olahraga jika tubuhmu sudah terbiasa. Selalu dengarkan tubuhmu dan istirahatlah jika merasa kelelahan.


4. Buatlah Jadwal Olahraga yang Rutin: Biar Nggak Gampang Lupa!

Membuat jadwal olahraga yang rutin membantumu lebih disiplin dan tidak mudah lupa untuk berolahraga. Catatlah waktu dan jenis olahraga yang ingin kamu lakukan dalam agenda atau kalendermu.

  • Pilihlah waktu yang tepat: Pilihlah waktu yang kamu rasa paling pas untuk berolahraga, baik pagi, siang, atau sore hari. Jika pagi hari terlalu sibuk, kamu bisa berolahraga di sore hari setelah pulang bekerja atau sekolah.
  • Ajak teman atau keluarga: Bergabung dengan teman atau keluarga saat berolahraga bisa bikin kegiatan semakin menyenangkan dan memotivasi kamu untuk tetap konsisten.
  • Gunakan aplikasi olahraga: Banyak aplikasi olahraga yang bisa membantumu membuat jadwal olahraga, melacak progres, dan mendapatkan motivasi dari pengguna lainnya.


5. Siapkan Perlengkapan Olahraga yang Nyaman: Biar Semangat Olahraga!

Memiliki perlengkapan olahraga yang nyaman membantumu lebih semangat dan fokus saat berolahraga. Pilihlah pakaian olahraga yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan sepatu olahraga yang pas di kaki.

  • Pakaian olahraga: Pilihlah pakaian olahraga yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan nyaman dipakai. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar.
  • Sepatu olahraga: Pilihlah sepatu olahraga yang pas di kaki dan sesuai dengan jenis olahraga yang ingin kamu lakukan. Misalnya, sepatu lari untuk berlari, sepatu badminton untuk bermain badminton, dan sebagainya.


6. Dengarkan Tubuhmu dan Istirahatlah Saat Dibutuhkan: Jangan Paksakan!

Menjadi pemula dalam olahraga bukan berarti kamu harus berusaha terlalu keras. Dengarkan tubuhmu dan istirahatlah saat dibutuhkan. Jangan memaksakan diri untuk berolahraga jika merasa sakit atau kelelahan.

  • Perhatikan tanda-tanda kelelahan: Jika merasa pusing, mual, atau sakit pada bagian tubuh tertentu, hentikan olahraga dan istirahatlah.
  • Istirahat yang cukup: Istirahat yang cukup sangat penting untuk pemulihan tubuh setelah berolahraga. Tidurlah minimal 7-8 jam setiap malam.


7. Nikmati Prosesnya dan Rayakan Setiap Pencapaian: Bikin Olahraga Jadi Menyenangkan!

Olahraga bukan hanya tentang mencapai tubuh ideal atau menjadi atlet profesional. Nikmati prosesnya dan rayakan setiap pencapaian. Semakin kamu menikmati olahraga, semakin besar kemungkinan kamu untuk tetap konsisten dan menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidupmu.

  • Buatlah hadiah untuk diri sendiri: Berikan hadiah kecil untuk diri sendiri setiap kali kamu mencapai target olahraga. Misalnya, membeli baju olahraga baru, menonton film favorit, atau memilih makanan favorit untuk dimakan setelah berolahraga.
  • Bergabung dengan komunitas olahraga: Bergabung dengan komunitas olahraga membantumu bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dan mendapatkan motivasi untuk tetap berolahraga.


Tips Tambahan:

Dengarkan musik saat berolahraga: Memilih musik yang kamu sukai membantu kamu lebih semangat dan fokus saat berolahraga.

  • Tonton video olahraga di YouTube: Banyak video olahraga di YouTube yang bisa membantumu belajar teknik olahraga yang benar dan mendapatkan motivasi dari para atlet profesional.
  • Gunakan aplikasi olahraga untuk melacak progres: Banyak aplikasi olahraga yang bisa membantumu melacak progres olahraga, seperti jarak yang ditempuh, kalori yang dibakar, dan detak jantung.


Kesimpulan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun