Mohon tunggu...
Aliyah Faradina M.S
Aliyah Faradina M.S Mohon Tunggu... aliyah

I believe in making the impossible possible because there’s no fun in giving up.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila sebagai Ideologi Negara

5 Mei 2021   00:44 Diperbarui: 5 Mei 2021   00:50 36 1 0 Mohon Tunggu...

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia yang harus di jadikan pedoman dasar didalam melangsungkan seluruh aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila sebagai ideologi negara juga bermakna Pancasila sebagai cita-cita atau visi yang akan di wujudkan oleh seluruh masyarakat Indonesia dan harus di laksanakan secara konsisten di dalam kehidupan bernegara. Pancasila telah dijadikan dasar nilai bagi perkembangan IPTEK demi kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia. Perkembangan IPTEK merupakan hasil budaya dan agama dari bangsa Indonesia yang harus didasarkan pada nilai moral ketuhanan dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Pada dasarnya sila-sila pada Pancasila merupakan sumber nilai, kerangka pikir, dan dasar moralitas bagi perkembangan IPTEK. Sehingga, sila-sila dalam Pancasila menunjukkan sistem etika dalam perkembangan IPTEK.

Perkembangan IPTEK yang terlepas dari nilai ideologi bangsa, dapat mengakibatkan munculnya hal-hal negatif. Bangsa Indonesia memiliki akar budaya dan religi yang kuat serta sudah ada sejak lama didalam kehidupan masyarakat, sehingga apabila perkembangan IPTEK tidak berakar pada ideologi bangsa, itu sama halnya dengan membiarkan IPTEK berkembang tanpa tujuan serta orientasi yang jelas. Itulah mengapa ideologi Pancasila menjadi pedoman didalam kehidupan ilmiah bangsa Indonesia, para ilmuwan juga harus mengembangkan keilmuanya tanpa mengabaikan nilai ideologis yang bersumber dari bangsa Indonesia itu sendiri.

Kelima sila Pancasila merupakan pedoman yang berisikan nilai-nilai fundamental bangsa dalam penyelenggaran kehidupan dalam segala aspek yang salah satunya adalah perkembangan IPTEK. Perkembangan IPTEK juga berasal dari budaya dan melibatkan partisipasi dari bangsa Indonesia secara luas. Perkembangan IPTEK yang dikembangkan tanpa memperhatikan norma-norma dan ideologi Pancasila akan sia-sia karena dapat menyebabkan kerusakan didalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itulah masyarakat harus menerapkan ideologi Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam bidang IPTEK, politik, maupun sosial dan budaya.

Aliyah Faradina M.S (200205083)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x