Mohon tunggu...
Alivia Putri Deva
Alivia Putri Deva Mohon Tunggu... Mahasiswa UII

Mahasiswa semester 4

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Mengisi Waktu Karantina di Rumah dengan Kegiatan yang Menyenangkan

22 Juni 2020   17:00 Diperbarui: 22 Juni 2020   17:04 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengisi Waktu Karantina di Rumah dengan Kegiatan yang Menyenangkan
happylifestyleinc.com

Mengisi waktu karantina di rumah dengan kegiatan yang menyenangkan!

Alivia Putri Deva

Pandemi Coronavirus Diseace (COVID-19)  telah memasuki seluruh negara termasuk Indonesia. Negara-negara yang terdampak oleh virus ini mengeluarkan peraturan untuk melakukan karantina mandiri bersama keluarga di rumah masing-masing tanpa berpergian keluar untuk kebutuhan yang tidak penting.

Jika ada suatu hal atau kepentingan yang membuat seseorang harus keluar, disarankan menggunakan masker serta melakukan social dan phisycall distancing. Hal ini dilakukan agar terhindar dari penyebaran virus serta memutus rantai penyebaran apabila kita berkontak dengan orang lain. 

Masyarakat diminta untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari dirumah karena menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) masa inkubasi virus didalam tubuh seseorang itu selama dua pekan atau terhintung 14 hari. Namun karantina mandiri ini bisa saja dilakukan lebih dari dua pekan jika kondisi disuatu daerah yang terdampak virus itu semakin memburuk.

Adanya pandemi COVID-19 ini membuat semua kegiatan yang melibatkan orang ramai harus ditiadakan. Mulai dari sekolah, kuliah, hingga pekerjaan harus diliburkan dan diubah menjadi kegiatan dari rumah. Pembelajaran melalui online, kerja melalui online dan segala sesuatunya harus dilakukan di rumah secara online. Kebijakan ini tentu membuat orang-orang harus berdiam diri di rumah. 

Dengan begitu, tentu menimbulkan rasa jenuh dan bosan karena biasanya orang-orang melakukan kegiatan diluar rumah dan banyak berinteraksi dengan orang luar. 

Walau begitu, sebenarnya ada sisi baik dari karantina mandiri ini yaitu mempunyai waktu lebih banyak bersama keluarga dan memiliki waktu lebih fleksibel karena semua dilakukan di rumah. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan sendiri ataupun bersama keluarga di rumah untuk mengisi waktu luang.

Semenjak masa karantina mandiri diberlakukan, beberapa platform seperti Instagram, Tiktok dan Youtube banyak menyuguhkan video-video tentang kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Berikut beberapa kegiatan yang dapat di lakukan :

  • Memasak

Sebenarnya memasak adalah kegiatan rutin yang biasa dilakukan. Akan tetapi kita dapat mencoba masak hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Belakangan ini banyak sekali resep-resep untuk makanan seperti cemilan yang dibuat seseorang kemudian dibagikan lewat applikasi tiktok. Adanya masa karantina ini membuat orang mempunyai ide baru dalam membuat makanan sehingga memunculkan ide baru. 

Makanan yang sedang trend saat ini ada pie susu teflon, fudgy brownies, puding oreo, banoffie, cheesecake oreo serta dalgona coffe yang sangat viral karena keunikan cara membuatnya. Bahan-bahan yang diperlukan dari resep-resep tersebutpun sangat mudah didapatkan. Hal ini dapat mejadi list kegiatan yang bisa dilakukan selama masa karantina. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x